Tingkatkan Kualitas Pekerja Lokal Demi Rebut Investasi Asing

Husen Miftahudin    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:59 WIB
daftar forbesinvestasi asing
Tingkatkan Kualitas Pekerja Lokal Demi Rebut Investasi Asing
CEO Lippo Group James Riady. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha dunia tengah melirik Vietnam sebagai negara potensial untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadi pemicu investor tak ragu menanamkan modal di negeri Vietnam Rose tersebut.

Managing Principal and Chairman Gaw Capital Partner, Goodwin Gaw mengungkapkan, berdasarkan prediksi Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), dan International Monetary Fund (IMF) pertumbuhan ekonomi Vietnam di 2016 sebesar 6,2 persen dan 2017 sebanyak 6,5 persen.

"Semua tumbuh pada tingkat yang sangat tinggi sehingga ada peluang besar untuk berinvestasi. Vietnam memiliki ekonomi yang cukup tinggi dan menarik dalam jangka panjang," ujar Gaw dalam acara Forbes Global CEO Conference di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Selain itu, jelasnya, potensi Vietnam karena populasi angkatan kerja yang tumbuh luar biasa. Banyak perusahaan industri manufaktur tekstil Tiongkok menaruh investasi besar-besaran di negara tersebut.

Baca: Genjot Pendidikan Tenaga Kerja Lokal Demi Hadapi Persaingan Global

"Pilihan pertama untuk pindah ke Vietnam karena keterampilan buruh dan sebagainya sangat tinggi," ungkap Gaw.

Sementara CEO Lippo Group James Riady mengakui hal tersebut. Kualitas tenaga kerja lokal yang masih rendah menyebabkan investor enggan menanamkan modal lebih banyak di Indonesia.

Maka itu, menurut dia peningkatan kualitas tenaga kerja lokal sangat mendesak untuk segera dibenahi. Karena dengan begitu, investasi asing yang masuk ke Indonesia juga akan semakin meningkat.

"Ini harus kita upayakan. Kita harus segera lakukan revolusi dan mengambil langkah berani untuk merebut investasi asing dengan melakukan manuver dan navigasi," pungkas Riady.


(AHL)