KAI Siap Dilibatkan di Proyek Kereta Danau Toba

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 13 Jul 2017 19:43 WIB
kereta api
KAI Siap Dilibatkan di Proyek Kereta Danau Toba
Ilustrasi Kereta Api. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia/ KAI (Persero) menyatakan kesiapannya jika dilibatkan dalam pembangunan kereta api dari Medan menuju Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menilai jalur tersebut sanga bagus dan potensial untuk menjadi sarana angkutan bagi penumpang maupun barang ke tempat wisata Danau Toba.

Edi mengatakan sepengetahuannya saat ini pembicaraan mengenai proyek tersebut dengan Tiongkok yang sepertinya tertarik untuk menyokong pendanaan pembangunannya.

"Kelihatannya sedang dilanjutkan pembicaraannya dengan China. Mudah-mudahan cepat, karena kalau infrastruktur rel kan tugasnya pemerintah," kata Edi ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juli 2017.

baca : Wisata Danau Toba Diharapkan Setara dengan Bali

Menurut Edi jalur kereta nantinya menggunakan rute Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Danau Toba yang ia nilai sangat bagus.

"Itu rute bagus tidak penumpang saja. Untuk angkutan barang juga, yang pasti pariwisata. Termasuk angkutan barangnya karena melewati perkebunan dari arah Sekabu Siantar masuk ke Danau Toba. Itu rute bagus sekali," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menjelaskan, pemerintah terus mengembangkan Danau Toba yang menjadi destinasi wisata potensial. Sebab, untuk menuju ke Danau Toba dari Medan yang merupakan ibu kota Sumatera Utara cukup jauh.

Namun menurut Budi, jalur Medan ke Danau Toba dan sebaliknya merupakan lintasan yang sangat bagus karena pemandangannya indah. Oleh karena itu, wisatawan semakin termotivasi untuk mengunjungi Danau Toba.

Menggunakan kereta api ke Danau Toba, menurut Menhub, merupakan satu keasyikan tersendiri dan nantinya keberadaan jalur kereta api menuju Danau Toba sangat mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata utama selain Candi Borobudur dan Mandalika. Untuk tahap awal, Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian telah memprogramkan pembangunan jalur kereta api dari Siantar ke Danau Toba.

“Jalur kereta api dari Siantar ke Danau Toba akan mulai dibangun tahun depan dan paling cepat selesai pada 2019,” kata Budi.



 


(SAW)