Selama Ramadan, Omzet Pedagang Bakso di Palembang Turun

   •    Rabu, 14 Jun 2017 19:20 WIB
baksos
Selama Ramadan, Omzet Pedagang Bakso di Palembang Turun
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Metrotvnews.com, Palembang: Omzet pedagang bakso di Kota Palembang menurun selama bulan suci Ramadan, sehingga berpengaruh terhadap jumlah hewan ternak yang disembelih di rumah potong hewan setempat.

"Hewan yang kami potong di rumah potong hewan (RPH) berkurang karena konsumen terbesar daging sapi merupakan para pedagang bakso," kata kepala RPH Kota Palembang, Suandi Jauhari, dikutip dari Antara, Rabu 14 Juni 2017. 

Menurut dia, pedagang bakso pasti melihat kondisi pasar dimana pada bulan puasa terutama pagi dan siang hari pembeli akan berkurang, sehingga mereka turut mengurangi pemakaian daging sapi. Sementara konsumsi untuk hotel, restoran dan katering  lebih banyak menggunakan daging beku dibanding daging segar dari RPH.

Ia menjelaskan, pada bulan Ramadan RPH Kota Palembang yang terletak di Kecamatan Gandus hanya memotong 15-20 ekor sapi per hari, sedangkan pada hari-hari biasa secara normal bisa mencapai 70 ekor sapi per hari.

Sementara salah satu pedagang bakso di Kelurahan Sekip, Sutrisno mengatakan omzet usaha bakso miliknya menurun selama bulan Ramadan dan harus mengurangi penggunaan daging sapi.

"Memang kalau bulan puasa tentu ada pengurangan pembeli,  biasanya dari pagi hingga malam ramai tapi kalau puasa paling maghrib sampai malam saja yang ramai beli," ujar Sutrisno.

Usaha bakso miliknya hari-hari biasa menggunakan 30 kilogram daging sapi perhari yang diperoleh dari Pasar Jakabaring,  namun pada bulan puasa berkurang menjadi hanya kisaran 15-20 kg per hari.

Ia menambahkan, omzet usahanya juga ikut berkurang dari Rp3 juta-Rp5 juta perhari menjadi hanya Rp2 juta-Rp3 juta per hari pada bulan Ramadan, dan diperkirakan omzet kembali meningkat satu minggu setelah Lebaran.

(SAW)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA