AirAsia Buka Rute Jakarta-Macau

Kemenpar Bidik 128 Juta Wisatawan Tiongkok

Desi Angriani    •    Senin, 07 Aug 2017 19:30 WIB
pariwisata indonesia
Kemenpar Bidik 128 Juta Wisatawan Tiongkok
Pariwisata Indonesia (Antara/Teresia May).

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Pariwisata membidik 128 juta wisatawan asal Tiongkok seiring pembukaan rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Macau oleh AirAsia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana menilai rute baru Jakarta-Macau akan mendorong peningkatan wisatawan asal Tiongkok. Jumlah wisatawan Tiongkok  ke Indonesia baru satu persen atau sebesar 1,4 juta orang.

"Kita tau semua potensi wisatawan Tiongkok 128 juta orang. Dari Indonesia baru 1 persen yaitu 1,4 juta," ujarnya dalam acara peresmian penerbangan AirAsia Jakarta-Maca di Bandara Soetta, Tangerang, Senin 7 Agustus 2017.

Pitana mengungkapkan, pada 2016 AirAsia mengkontribusikan 25 persen jumlah wisatawan mancanegara atau sebanyak 237.000 orang. Jumlah tersebut diharapkan bertambah setelah maskapai penerbangan murah ini membuka rute ke Mumbai dan Makau.

Selama ini, katanya, akses penerbangan menjadi kendala kementerian pariwisata dalam meningkatkan jumlah wisman. Jumlah seat internasional dari dan menuju Indonesia terbatas.

"Perlu kami sampaikan satu dari empat turis yang  datang ke Indonesia menumpangi AirAsia. Salah satu permasalahan kami mendatangkan wisman adalah akses udara," tuturnya.

Dia menambahkan, di Indonesia baru 38 persen penerbangan internasional yang membuka rute langsung ke Indonesia. Sementara Malaysia dan Thailand telah mencapai 80 persen.

"Data dari 12 juta wisman ke Indonesia 10 di antaranya melalui udara 38 persen yang direct flight sisanya transit," tandasnya.

Sebelumnya, AirAsia telah membuka penerbangan dengan rute Denpasar-Mumbai (India) pada 19 Mei lalu dengan frekuensi perjalanan tujuh kali seminggu.


(SAW)