BNI Optimistis Kredit Tumbuh hingga 17%

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Aug 2017 18:03 WIB
bni
BNI Optimistis Kredit Tumbuh hingga 17%
BNI. ANT/Prasetyo Utomo.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengaku optimistis untuk mencapai pertumbuhan kredit 17 persen tahun ini. Sampai dengan semester I-2017, kredit BNI mengalami pertumbuhan sebesar 15,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Permintaan kredit semester II akan didorong oleh dua sektor. Dua sektor ini adalah infrastruktur dan agribisnis," ujar Direktur Keuangan dan Risiko Kredit BNI Rico Rizal Budidarmo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, pembiayaan infrastruktur di semester II akan lebih bergairah dibandingkan dengan periode paruh pertama tahun ini. Adapun sektor yang diprediksi akan menggeliar di antaranya adalah konstruksi serta pembangkit listrik dari proyek pemerintah.

Selain itu, pertumbuhan kredit juga akan datang dari pembiayaan di sektor agribisnis seperti perkebunan. Beberapa sektor konsumer lainnya adalah pertumbuhan kredit di sektor properti dan manufaktur.

"Adapun kredit yang tersalurkan ke sektor pertanian terfokus pada pengembangan perkebunan oleh perusahaan-perusahaan nasional yang memiliki jaringan internasional," jelas dia.

Pembiayaan kredit yang diprediksi lebih tinggi akan membuat  laba bank plat merah ini akan mengalami peningkatan. Perseroan menargetkan laba BNI dapat tumbuh hingga double digit hingga akhir tahun ini.

Sampai dengan semester I-2017, laba BNI tercatat mengalami pertumbuhan hingga 46,7 persen menjadi Rp6,41 triliun. Padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya hanya Rp4,37 triliun.


(SAW)