Kata Menhub soal Banyaknya Pemudik Menggunakan Sepeda Motor

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 26 Jul 2017 16:40 WIB
mudik lebaran 2017
Kata Menhub soal Banyaknya Pemudik Menggunakan Sepeda Motor
Ilustrasi pemudik. (FOTO: MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menanggapi sejumlah pernyataan Komisi V DPR terkait masih banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Budi mengatakan untuk menekan jumlah pengguna sepeda motor perlu adanya perbaikan angkutan masal di kota-kota besar seperti Jakarta. Oleh sebabnya, pihaknya akan berfokus untuk memperbaiki angkutan masal agar pengguna sepeda motor bisa beralih.

"Kalau angkutannya bagus, secara langsung itu (penurunan jumlah sepeda motor) terjadi," ujar Budi usai rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017.

Sayangnya, Budi mengakui angkutan masal di Indonesia masih terbatas. Ia mencontohkan bus antar kota dan antar provinsi pada saat mudik dan arus balik Lebaran baru 80 persen yang laik untuk dioperasikan.




Karena keterbatasan ini, lanjut Budi, pemudik yang menggunakan sepeda motor mengalami peningkatan. Untuk tahun ini tercatat mengalami peningkatan 3,35 persen dari 4,7 juta sepeda motor menjadi 6,3 juta sepeda motor.

Kedepannya, pihaknya akan melakukan edukasi kepada masyarakat supaya tidak dianjurkan mengendarai sepeda motor dalam waktu yang panjang. "Agar dia (pemudik sepeda motor) sadar diri," ucapnya.

Disamping itu, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu tidak melarang pemudik menggunakan sepeda motor. "Kita tidak serta merta meniadakan satu angkutan refleksi dari keseharian mereka," pungkasnya.


(AHL)