Kinerja Rupiah Lebih Baik dari Mata Uang 4 Negara

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 01 Nov 2018 17:55 WIB
kurs rupiah
Kinerja Rupiah Lebih Baik dari Mata Uang 4 Negara
Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo. Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut mata uang rupiah melemah sebesar 10 persen secara year to date (ytd) sejak awal tahun. Pelemahan rupiah ini lebih baik jika dibandingkan dengan mata uang empat negara.

"Depresiasi rupiah sekitar 10 persen (ytd), lebih rendah dibandingkan India, Brasil, Turki, dan Rusia," kata Gubernur BI Perry Warjiyo ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Dirinya menambahkan, bank sentral terus melakukan langkah stabilitas dalam rangka menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Meski ada tekanan global, BI menilai mata uang rupiah masih dalam batas normal.

"Untuk memastikan likuiditas di pasar keuangan cukup dan kerja sama internasional yang kami jalankan. Perkembangan nilai tukar rupiah ada tekanan dari global, tapi relatif stabil dalam batas yang normal," jelas dia.

Menurut dia, BI akan memprioritaskan kebijakan untuk menjaga nilai tukar rupiah, bekerja sama dengan pemerintah. Selain itu, BI juga melakukan langkah bersama untuk menurunkan defisit transaksi berjalan (CAD).

"Makanya BI sejak Mei sudah naikkan suku bunga hingga 150 bps, itu bukan karena inflasi, tapi untuk mempertahankan daya tarik pasar keuangan Indonesia, sekaligus untuk turunkan defisit transaksi berjalan," pungkasnya.


 


(SAW)