Menperin Fokus 5 Sektor Genjot Angka Ekspor

Pythag Kurniati    •    Kamis, 29 Nov 2018 12:17 WIB
eksporkementerian perindustrian
Menperin Fokus 5 Sektor Genjot Angka Ekspor
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua dari kanan). (FOTO: Medcom.id/Pythag Kurniati)

Solo: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menargetkan angka ekspor netto mencapai 10 persen pada 2030. Untuk mencapainya ada lima sektor usaha yang menjadi fokus pemerintah.

"Yaitu industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri otomotif, industri kimia, dan industri elektronika," katanya dalam Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Solo, Rabu, 28 November 2018.

Saat ini, angka ekspor netto masih berada di angka dua persen. Untuk itu, lima sektor nonmigas tersebut harus dikebut.

Di samping itu, lanjut Menperin, Indonesia sudah memiliki sektor-sektor unggulan yang sudah tumbuh dengan baik. Antara lain industri manufaktur yang memiliki kontribusi 20 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Industri karet, barang dari karet dan plastik juga berkontribusi sebesar 11,85 persen. "Kemudian industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki sebesar 11,38 persen," ujarnya.

Total pada triwulan kedua 2018, capaian industri nonmigas tumbuh mencapai 4,41 persen. Angka ini meningkat dari periode yang sama pada tahun lalu, yaitu 3,93 persen.

"Target kami juga untuk meningkatkan nilai ekspor untuk mengatasi defisit neraca perdagangan dan mengerek penguatan rupiah," ujar dia.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA