Mensos: BNPT Masih tak Bisa Menyentuh Daerah tak Terjangkau Perbankan

Suci Sedya Utami    •    Senin, 19 Feb 2018 23:15 WIB
bansos
Mensos: BNPT Masih tak Bisa Menyentuh Daerah tak Terjangkau Perbankan
Mensos Idrus Marham. MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Menteri Sosial Idrus Marham memastikan target penyaluran bantuan pangan nontunai (BPNT) sebesar 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan terealisasi di Agustus. Namun demikian, Politikus Partai Golkar ini menyadari apabila bantuan pangan nontunai masih belum bisa didistribusikan pada daerah-daerah yang tak terjangkau.

Idrus menjelaskan, alasannya yakni sangat teknis, karena belum adanya sistem perbankan atau agen penyaluran. Sebab, skema bantuan pangan nontunai disalurkan dalam bentuk kartu yang berisi saldo untuk ditukarkan barang-barang kebutuhan pokok di e-warung.

"Agustus semua sudah dapat, kecuali daerah-daerah yang enggak terjangkau oleh perbankan. Enggak ada ATM, agen-agen penyalur," kata Idrus di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin, 19 Februari 2018.

Dirinya mengatakan, untuk daerah tak terjangkau, bantuan sosial dari pemerintah dalam rangka untuk mengurangi kemiskinan masih akan diberikan dalam bentuk beras sejahtera (rastra). "Untuk daerah-daerah seperti ini, kita minta ada semacam langkah-langkah khusus untuk tangani, misal masih beras," ujar dia.

Seperti diketahui, Pemerintah tahun ini memperluas penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari sebelumnya enam juta.

Namun untuk mencapai angka 10 juta, pemberian BNPT dibagi dalam lima tahap yakni tahap pertama di Januari sebesar 1,2 juta, Februari naik menjadi 3,9 juta, Maret-Juni naik menjadi 7,2 juta, Juli naik jadi sembilan juta dan Agustus-Desember barulah mencapai 10 juta. Adapun tahapan kenaikan yang seharusnya dilakukan bulan Februari menjadi 3,9 juta, bakal mundur pelaksanaannya menjadi di April dikarenakan masalah teknis, yakni terkait distribusi kartu.



(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA