Tiga Menteri Bersinergi Sejahterakan Petani

Anindya Legia Putri    •    Senin, 09 Oct 2017 18:57 WIB
berita kementan
Tiga Menteri Bersinergi Sejahterakan Petani
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Mentan Andi Amran Sulaiman (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Ciamis: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, melakukan kunjungan kerja ke Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin 9 Oktober 2017.

Kedatangan ketiga menteri dari Kabinet Kerja tersebut guna melaunching kartu tani, dan korporatisasi petani untuk percepatan swasembada pangan serta optimalisasi serapan gabah padi dan percepatan luas tambah tanam.

Mentan Amran menyampaikan pentingnya sinergi antar menteri, terlebih dalam hal memajukan kesejahteraan petani Indonesia.

"Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) ini hebat, menterinya bisa bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat, khususnya petani dan warga desa, untuk bisa swasembada pangan," kata Amran.

Dengan adanya sinergi tersebut, hasilnya bisa ditunjukkan pada dunia. Saat ini, Indonesia tidak lagi mengimpor jagung, beras, dan bawang. Bahkan sebaliknya, sudah mengekspor bawang merah.

Sementara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang dipusatkan di daerahnya tersebut. Pihaknya juga bangga karena langsung dihadir oleh tiga menteri.

"Kami berterima kasih karena tiga menteri dengan keterkaitan terkait hasil bumi Ciamis ini. Kami bertekad untuk tetap menjadi lumbung beras dan mewujudkan target produksi beras sampai 560 ribu ton per tahun," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Aster Kasdam III/Siliwangi kepada Kolonel Inf Adri Koesdyanto, Kolonel Inf Joko Hadi Susilo, Bupati Ciamis Iing Syam Airifn, Kabid Fisik dan Sarana Bappeda Ciamis Asep Khalid Fajari.


(ROS)