Industri Kelapa Sawit Mampu Menggerakkan Ekonomi Rakyat

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Mar 2018 19:04 WIB
kelapa sawit
Industri Kelapa Sawit Mampu Menggerakkan Ekonomi Rakyat
Ilustrasi. (FOTO: MI/Farhan)

Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut pengembangan kelapa sawit akan mampu menggerakkan ekonomi rakyat. Apalagi produk minyak kelapa sawit (CPO) Indonesia telah menjadi salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia.

"Artinya kalau berhasil dengan baik untuk suistainable, maka ekonomi rakyat dan negara tidak akan terganggu," kata Darmin saat Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Dirinya menambahkan produk kelapa sawit merupakan salah satu yang besar memberikan manfaat bagi masyarakat. Bahkan di antara sub sektor perkebunan dan hortikultura, produk kelapa sawit memberikan dampak bagi pengembangan produk lain.

"Di antara produk-produk hortikultura dan perkebunan, barangkali kepala sawit boleh dikatakan yang paling besar peranannya dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Bahkan sub sektor perkebunan kelapa sawit memiliki peranan yang sangat besar," jelas dia.

Untuk itu, Darmin mendorong agar kelapa sawit menjadi salah satu komoditi yang perlu dikembangkan dan diperjuangkan. Mengingat kelapa sawit juga berperan penting terhadap perekonomian di Indonesia.

"Saya pernah menyampaikan kenapa kelapa sawit bisa berkembang di lahan-lahan hutan tropis yang sudah tergusur. Adalah tidak benar kepala sawit itu dikembangkan dengan menebang hutan tropis," pungkasnya.

 


(AHL)