5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil dengan Sistem Kredit

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 18 Aug 2016 09:27 WIB
berita bca
5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil dengan Sistem Kredit
Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 menjadi ajang konsumen mencari mobil baru (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil pribadi menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat urban. Memiliki mobil pribadi membuat perjalanan bersama keluarga terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Kini, memiliki mobil tak sekadar menjadi mimpi semata. Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan bank.

Jika Anda hendak membeli mobil, Anda dapat memanfaatkan promo yang diberikan pada ajang pameran mobil seperti yang sedang berlangsung saat ini, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Pada acara tersebut, banyak bank berlomba-lomba memberikan promo cicilan kepada konsumen. Namun, konsumen terkadang tidak jeli dalam melihat promo-promo tersebut. Banyak konsumen terjebak karena tergiur bunga cicilan yang ditawarkan oleh bank, di mana bank tidak menyebutkan pembayaran di belakang. Alhasil, konsumen kecewa dengan total pembiayaan besar yang harus dikeluarkan.

Permasalahan ini menjadi perhatian PT Bank Cental Asia (BCA), Tbk. Menurut perseroan, terdapat lima hal yang harus diperhatikan konsumen sebelum memutuskan hendak menggunakan fasilitas kredit suatu bank.

Pertama, suku bunga. Deputy Director Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA Herry M. Somantri mengatakan, ketika suatu bank memasang iklan bunga, konsumen harus mengetahui isi suku bunga tersebut dan bentuk strukturnya. Dalam hal ini, Herry mengatakan KKB BCA menawarkan suku bunga terbaik dengan bunga 0 persen.

"Perhatikan syarat dan ketentuan khusus seperti DP minimum. KKB mengeluarkan DP tinggi bunga murah, ada komponen DP-nya tinggi," ujar Herry, dalam konferensi pers di Hotel Santika Premiere ICE BSD City, Tangerang, Selasa (16/8/2016).

BCA, menurut Herry, mengeluarkan promo KKB BCA dengan tenor satu tahun, dengan bunga 3,08 persen, tenor dua tahun (3,88 persen), tenor tiga tahun (4,18 persen), dan tenor empat tahun (4,48 persen). Promo tersebut berlaku untuk kendaraan baru, khususnya kendaraan penumpang, dengan periode 11 Agustus sampai 30 September 2016.

"KKB kasih bunga 3,08 dengan DP standar, tidak pakai syarat berlaku, tidak pakai bintang, ada iklan program bunga 0 persen, yang tadi murni DP. Betul DP-nya sesuai ketentuan berlaku. Biasanya kita DP minimum sesuai dengan ketentuan berlaku berapa persen untuk KKB mobil penumpang, mobil pribadi," jelasnya.



Hal kedua yang harus menjadi perhatian konsumen ialah provisi yang ditawarkan bank. Provisi merupakan biaya kompensasi akibat adanya pengajuan kredit. KKB BCA bebas biaya provisi.

Ketiga, konsumen harus memperhatikan administrasi dari setiap bank. Khusus BCA, nasabah KKB BCA diberi tambahan diskon biaya administrasi apabila melampirkan NPWP.

Keempat, asuransi. Herry mengatakan KKB BCA berkerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi ternama seperti BCA Insurance, Sinar Mas, dan Pan Pasific. Soal asuransi, BCA mengikuti standar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga konsumen tidak perlu khawatir dengan pembebanan biaya asuransi.

"Ada rate standar dari OJK. Jadi, full cover comprehensive," ujar Herry.

Terakhir, Herry menekankan agar konsumen membandingkan credit protection yang ditawarkan setiap bank. Credit protection memberikan perlindungan kredit bagi nasabah. Apabila nasabah meninggal, kendaraan idaman akan tetap menjadi milik keluarga dan utang dianggap lunas.

"Untuk KKB BCA, pembiayaan credit protection dibayar di muka," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Director Manager KKB BCA Carolina Lukita menjelaskan lebih lanjut mengenai credit protection KKB BCA. Jika konsumen membeli mobil (on the road) senilai Rp500 juta dengan DP 30 persen, maka pokok utangnya sebesar Rp350 juta.

"Credit protection BCA tiga tahun itu 1,25 persen. Kemudian, dikali pokok utang, maka biaya credit protection Rp4.375.000," jelas Carolina.

Bagaimana, menarik bukan penawaran KKB BCA? Jika Anda masih ingin menggali informasi lebih dalam, bisa datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat, atau melalui Halo BCA di nomor 1500888, atau mengakses website www.bca.co.id
 


(ROS)