Akhir Juli, Pembangunan Patimban Berjalan

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 10 Jul 2018 19:22 WIB
Akhir Juli, Pembangunan Patimban Berjalan
Menhub Budi Karya Sumadi. ANT/Wahyu Putro.

Jakarta: Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, akan mulai berjalan di akhir Juli 2018.‎ Pembangunan pelabuhan ini akan ditandai langsung dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) yang akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Patimban akan mulai groundbreaking, tepatnya minggu ke empat. Pembangunan tahap pertama kami harapkan setahun bisa diselesaikan," ucap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, ditemui ‎dalam acara IDF 20‎18 di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Pada tahap awal, jelas dia, pembangunan akan mengarah ke fasilitas infrastruktur untuk terminal kendaraan bermotor. Dengan dioperasikannya terminal kendaraan bermotor di Pelabuhan Patimban, kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara akan berkurang.

Terkait pengelolaan dan pengoperasian Pelabuhan Patimban,‎ dirinya sedang mempersiapkan sistem lelang yang bisa diikuti di September 2018. "Pola kerja sama pengelolaan Patimban akan mengutarakan kepemiilkan lokal di porsi 51:49," jelas dia.

Pengerjaan Pelabuhan Patimban akan direalisasikan dalam beberapa tahap. Tahap awal melewati dua fase. ‎Fase pertama, Pelabuhan Patimban akan mempunyai terminal kendaraan yang bisa menampung 360 ribu unit per tahun.

Kemenhub membidik pembangunan pada tahap awal Pelabuhan Patimban bisa terselesaikan pada Maret 2019. Selain mencakup terminal kendaran, fase kedua mencakup terminal peti kemas dengan kapasitas mencapai 800 ribu TEUs.  Proyek Pelabuhan Patimban dibiayai oleh pinjaman sebesar 118,9 miliar yen atau setara Rp14,2 triliun. Pengucuran pinjaman bakal dijalankan secara bertahap sesuai dengan progres konstruksi.
(SAW)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

1 hour Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA