Wapres: Eropa Jangan Diskriminatif

Dheri Agriesta    •    Rabu, 11 Apr 2018 17:09 WIB
minyak sawitcpo
Wapres: Eropa Jangan Diskriminatif
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Pemerintah Indonesia serius menggertak Uni Eropa terkait pelarangan ekspor minyak sawit mentah. Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Eropa tak berlaku diskriminatif dalam mengambil kebijakan perdagangan bebas.

Indonesia merupakan salah satu konsumen setia perusahaan penerbangan asal Eropa, Airbus. Maskapai Indonesia seperti Garuda Indonesia dan Lion Air merupakan pembeli terbesar pesawat buatan Prancis itu.

"Oleh karena itu jangan memperlakukan diskriminatif karena kita juga bisa mengambil kebijakan yang sama," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 11 April 2018.

Indonesia pun telah melakukan negosiasi terkait larangan ekspor minyak sawit mentah itu. "Negosiasi, karena kita ada pertemuan antara Indonesia dengan Uni Eropa, perjanjian perdagangan bebas," kata dia.

Indonesia sesungguhnya telah memenangkan sejumlah gugatan tentang pelarangan ekspor minyak kelapa sawit di Eropa. Tapi, Eropa masih berkeras untuk mengeluarkan minyak kelapa sawit pada 2021.

Pemerintah tak tinggal diam dengan sikap Eropa. Enggar bahkan telah mengancam Norwegia jika masih tetap melarang ekspor CPO di negara mereka.

Kerja sama antara Indonesia dan Eropa cukup banyak di berbagai sektor. Enggar mencontohkan pembelian pesawat terbang dengan Airbus dan Boeing, perusahaan asal Prancis dan Amerika Serikat.

Pemerintah pun akan mengambil sikap jika ekspor CPO di Eropa dan Amerika Serikat masih dilarang. Indonesia, kata Enggar, tak sungkan menghentikan kerja sama pembelian pesawat terbang itu.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

3 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA