Pemerintah Berhemat Rp300 Miliar di Acara IMF-Bank Dunia

Eko Nordiansyah    •    Senin, 17 Sep 2018 14:04 WIB
imf-world bank
Pemerintah Berhemat Rp300 Miliar di Acara IMF-Bank Dunia
Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Pemerintah menghemat anggaran untuk Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia sekitar Rp300 miliar. Dari Rp855 miliar anggaran yang disiapkan, kemungkinan besar yang terpakai hanya Rp566 miliar.

"Semoga tidak bertambah lagi," kata Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2018.

Selain pengeluaran, Luhut memperkirakan ada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sekitar Rp100 miliar. Jadi, total pengeluaran sejatinya hanya Rp466 miliar.

Menurut Luhut, pemerintah akan hati-hati mengelola anggaran untuk Pertamuan Tahunan IMF-Bank Dunia. Dia memastikan, semua dana yang keluar bermanfaat bagi Indonesia. "Every single penny counts. Jadi setiap yang kami keluarkan akan bermanfaat untuk Indonesia, tak hanya saat acara, tapi setelahnya."

Pengadaan komputer, misalnya. Luhut mengatakan, setelah acara semua perangkat itu akan dihibahkan ke sekolah-sekolah di Bali, Banyuwangi, hingga Lombok. Tak ada yang sia-sia.

"Kita juga sudah buat sistem terpadu untuk tangani masalah kecelakaan, tsunami yang kita jadikan model untuk di tempat-tempat lain, seperti di Lombok, Danau Toba dan Borobudur jadi kita belajar banyak di sini," pungkasnya.


(AHL)