Kadin Berharap Penerapan OSS Dilaksanakan dengan Benar

Eko Nordiansyah    •    Senin, 09 Jul 2018 17:48 WIB
kadin
Kadin Berharap Penerapan OSS Dilaksanakan dengan Benar
Wakil Ketua Kadin bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani. Dok : ANT.

Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap agar penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) bisa diterapkan dengan maksimal. Pasalnya dengan perizinan berusaha yang dilakukan secara daring, diharapkan para pengusaha juga mendapatkan kepastian izin dengan mudah.

Wakil Ketua Kadin bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, pelaksanaan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sebelumnya saja masih mengalami kendala. Untuk itu, hadirnya OSS diharapkan bisa lebih baik lagi secara pelaksanaannya.

"Ini sesuatu yang baik dan bagus tapi nanti bagaimana pelaksanaannya, karena pada saat ini kami masih mau lihat dulu. Makanya secapatnya kita ingin kasih masukan ini masalah di sini," kata dia ditemui di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018.

Dirinya menambahkan, uji coba yang telah dilakukan sebenarnya tidak cukup sebagai masa transisi dari perizinan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi OSS di bawah Kemenko Perekonomian. Namun dirinya memahami keinginan pemerintah untuk segera merealisasikan kebijakan ini sebelum terlambat.

"Ya nanti kalau tidak siap maka mereka selalu katakan jika enggak ya nanti tidak akan pernah siap kalau tidak dipaksakan. Cuma nanti dampaknya kena ke pengusaha. Kalau izin susah mengurusnya, yang tadi maunya cepat malah jadi susah ya siapa yang kena kan pengusaha," lanjut dia.

Lebih lanjut, Shinta berharap agar setiap kebijakan pemerintah bisa direalisasikan sesuai dengan rencana. Sebagai pelaku usaha, dirinya hanya bisa mendukung dengan tetap memberikan masukan agar setiap kebijakan bisa membawa dampak positif bagi Indonesia.

"Saat ini kita hanya bisa trial dan error kita coba, jika ada masalah kita sampaikan masalah besar di mana, tapi memang harus ada kejelasan. Makanya saya sampaikan saya siap untuk melatih dan kami akan mengirimkan orang dari Kadin dan Apindo untuk dilatih di sini supaya mereka benar-benar tahu," pungkasnya.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA