Rendahnya SDM buat Lampung Barat jadi Daerah Tertinggal

   •    Minggu, 27 Dec 2015 13:32 WIB
daerah
 Rendahnya SDM buat Lampung Barat jadi Daerah Tertinggal
Lampung Barat. ANTARA/Tohamakhsun.

Metrotvnews.com, Bandarlampung: Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan ada beberapa hal yang membuat daerahnya ditetapkan sebagai daerah tertingggal. Persoalan banyaknya penduduk musiman dan kualitas SDM membuat kawasan ini menjadi daerah tertinggal.

"Masyarakat musiman ini yang sebagian besar datang hanya saat musim panen saja, sehingga menjadikan wilayah ini tampak seperti tak berkembang," ujar dia dikutip dari Antara, Minggu (27/12/2015).

Dia menambahkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah menyebabkan hal ini. Meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selalu mengalami kenaikan namun masih dalam urutan tiga terbawah dari provinsi lainnya dilampung. 

"IPM di Lampung Barat dibandingkan dengan 15 kabupaten dan kota lain di Provinsi Lampung masih berada di urutan tiga terbawah," ujarnya.

Statistik Daerah Kabupaten Lampung Barat 2015 menyebutkan, pembangunan manusia dapat dinilai dengan suatu indikator, yaitu IPM. Angka IPM Lampung Barat hanya mengalami kenaikan yaitu sedikit peningkatan dari 69,72 di 2012 menjadi 70,37 pada 2014.

IPM Lampung Barat berada pada urutan ke-13 dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Mukhlis mengakui, memang untuk tingkat pendidikan di daerahnya masih kurang. Namun hal itu disebabkan masih banyak anak-anak petani setempat yang tidak ingin melanjutkan sekolah. Meskipun demikian, ia melanjutkan, saat ini dengan Program Wajib Belajar 12 Tahun, seluruh warga daerahnya sudah mau sekolah meski hanya sampai sekolah menengah pertama.

"Ke depan, kami juga akan terus melakukan upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat tersebut, sehingga Lampung Barat tidak menjadi daerah tertinggal lagi," ujarnya.

Namun, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menyatakan, memang akan terlihat menjadi daerah tertinggal kalau dilihat dari sisi tersebut. Namun, menurutnya, dari sisi infrastruktur masih tidak kalah dengan wilayah lain.

"Infrastruktur jalan nasional dan provinsi di Lampung Barat termasuk yang terbaik, karena 90 hingga 100 persen sudah mulus, sedangkan jalan desa mayoritas sudah hotmix," tambah dia.

Sebelumnya, Pemerintah pusat menetapkan sebanyak 122 daerah di Indonesia sebagai daerah tertinggal. Penetapan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019. Dalam perpres itu, wilayah yang masuk daerah tertinggal di 2015-2019 di Provinsi Lampung adalah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat (pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat).


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA