Menaker Minta IPEMI Formalkan Ekonomi Lewat UMKM

Desi Angriani    •    Senin, 15 May 2017 16:56 WIB
umkm
Menaker Minta IPEMI Formalkan Ekonomi Lewat UMKM
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri. MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri meminta Ikatan Pengusaha Muslimah Nasional Indonesia (IPEMI) untuk memperkuat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebab tantangan yang dihadapi pelaku usaha adalah bagaimana memformalkan ekonomi lewat jalur UMKM. 

"Tantangan teman-teman adalah memformalkan ekonomi dari UMKM," ucap Hanif saat membuka rakernas IPEMI di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat Indonesia yang tercatat bekerja di sektor informal. Di tengah situasi yang semakin kompetitif dan pasar yang semakin terintegrasi, ia memandang perlu adanya transformasi ekonomi dari informal menjadi formal. 

"Jadi harus mulai kita benahi. di internasional sudah mulai didiskusikan mengenai regulasi terkait UMKM sebagai bagian supply chain," tuturnya.

Dalam sambutannya, Hanif mengapresiasi peran dan kontribusi IPEMI dalam mendorong ekonomi umat di Indonesia, disamping juga meningkatkan gairah beragama di kalangan umat muslimah.

"Saya apresiasi peran dan kontribusi IPEMI yang bekerja di dua level itu. Satu sisi mendorong agar ekonomi umat berkembang, tapi gairah beragama terus bertumbuh di kalangan umat Islam," imbuh Hanif.

Ketua Umum IPEMI Inggrid Kansil mengungkapkan, pihaknya meluncurkan gerakan nasional Muslimah Membangun untuk menyadarkan kembali komitmen  muslimah Indonesia untuk berperan nyata dalam aktivitas pembangunan nasional.

"Kami harap melalui gerakan nasional ini kita terus mendorong agar setiap muslimah Indonesia dapat melakukan upaya pembangunan baik di bidang akhlak dan kepribadian, lingkungan hidup, politik, dan bidang lainnya," katanya. 

Gerakan tersebut sebelumnya sudah mulai diaplikasikan lewa pendirian warung muslimah, salon muslimah, majalah ibadah, hingga pelatihan bisnis dan manajemen.

"Dan kami berharap dalam rakernas kali ini akan membahas program kerja yang pada intinya apabila seluruh program kerja IPEMI dapat dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan akan meningkatkan perkembangan usaha, dan pertumbuhan ekonomi nasional kita," tandasnya.



(SAW)