2018, Bank Mandiri Ekspansi Bisnis hingga ke Filipina

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 13:56 WIB
bank mandiri
2018, Bank Mandiri Ekspansi Bisnis hingga ke Filipina
Bank Mandiri. MI/ADAM DWI.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sedang bersiap untuk melebarkan sayap bisnisnya hingga ke Filipina pada tahun 2018. Demi menyukseskan langkah itu, perseroan tengah melakukan due diligence terkait akuisisi dua bank yang ada di sana.

"Ada dua (bank) yang akan kita akuisisi, pastinya bank lah," tutur Direktur Distribusi Bank Mandiri, Hery Gunardi, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Terkait biaya yang dikeluarkan oleh perseroan untuk merealisasikan ekspansi tersebut, Hery belum bisa mengungkapkannya secara gamblang kepada media. Sebab, proses masih berjalan, dan belum fnal.

Selain Malaysia dan Filipina, lanjut dia, perseroan mempunyai target jangka panjang untuk masuk ke dua negara Asean lainnya, yakni Vietnam dan Kamboja.

"Negara yang kita pilih di Asean itu, selain Malaysia Filipina mungkin barangkali nanti bisa ke Vietnam atau Kamboja, tapi yang dua ini masih jauh," papar Hery.

Akuisisi ke negara-negara Asean, bilang Hery, karena ada kesempatan untuk tumbuh menjadi besar di sana, salah satunya Filipina yang sedang di proses, meski sebelumnya perusahaan telah melakukan penetrasi di Malaysia.

Adapun kantor cabang yang ada di Malaysia, Hery mengaku, bakal mulai beroperasi di 2018. Dari rencana yang ada, kantor di negeri Jiran akan memiliki kedudukan yang sama dengan perbankan di Malaysia.

"Sebab kita memakai perjanjian Asean Banking Integration Framework (ABIF)," tukas Hery.


(SAW)