Menyasar 117 Daerah di Indonesia untuk Tarik Pencari Kerja

Kautsar Widya Prabowo    •    Rabu, 07 Mar 2018 18:56 WIB
keselamatan kerja
Menyasar 117 Daerah di Indonesia untuk Tarik Pencari Kerja
Illustrasi (Medcom/M Rizal).

Jakarta: Aplikasi pencari kerja Robs Jobs akan melakukan sosialisasi ke 117 daerah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Daerah ini dinilai berpotensi menarik pencari kerja maupun perusahaan untuk menggunakan Robs Jobs sebagai media pencari karyawan. 

"Daerah itu potensi pencari kerja tinggi dan masih masuk dalam target kita," ujar Chief Operating Officer (COO) Robs Jobs Ika Novi, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

Ia menambahkan upaya menyisir target para pencari kerja di sektor marginal sangat efektif karena dapat menjembatani masyarakat untuk mencari kerja sehingga mereka tak perlu lagi datang ke bursa kerja yang rata-rata berada di pusat kota.

"Sekarang era digital, Indonesia tidak dapat dikumpulkan dalam satu tempat untuk satu informasi, tapi harus disebarkan seluruh informasi ke daerah dengan digital," tutur Ika.

Aplikasi tersebut telah menyediakan 20 ribu lowongan sehari dengan 12 ribu perusahaan yang telah menggunakannya. Robs Jobs pun menargetkan 30 ribu pekerja dapat ditempatkan di 30 sampai 50 perusahaan di luar negeri. 

Untuk mewujudkan itu, Robs Jobs ke depannya akan memiliki fitur pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga pelatihan, seperti lembaga pendidiikan bahasa, lembaga pendidikan untuk perawat dan lain-lain.

Berdasarkan riset yang dilakukan Jobstreet.com, sebanyak 2.400 pencari kerja tidak segan untuk bekerja di luar negeri karena mendapat tawaran gaji yang lebih besar. Akan tetapi, adanya kesempatan untuk mengembangkan karier dengan lebih pesat -menurut 1.200 pencari kerja yang ikut serta dalam survei ini- menjadi faktor penunjang.

Namun demikian, kendati tawaran bekerja di luar negeri menggiurkan, bagi 600 pencari kerja dalam survei ini masih menyatakan keinginannya untuk bekerja di dalam negeri. Faktor utama yang membuat mereka menolak untuk bekerja di luar negeri ialah merasa masih banyak hal yang harus dipelajari di tempat bekerjanya.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA