Intip Lima Rahasia Menjadi Kaya seperti Jack Ma Alibaba

   •    Selasa, 09 Jan 2018 11:49 WIB
alibabatips keuangan
Intip Lima Rahasia Menjadi Kaya seperti Jack Ma Alibaba
Pendiri Alibaba, Jack Ma. (FOTO: AFP)

CEO Alibaba Group Jack Ma dari Tiongkok dinobatkan sebagai miliarder terkaya di Asia. Bayangkan saja, hartanya bertambah 173 persen dalam setahun menjadi USD29,2 miliar.

Sebagai pimpinan situs perdagangan online terbesar di dunia, Jack Ma sukses membangun bisnisnya. Tentunya sebelum Ia menjadi sukses, Jack Ma mengalami perjalanan yang tidak mudah. Ingin meniru kesuksesan Jack Ma? Berikut lima kunci sukses dari seorang Jack Ma.

1. Berpikir jauh ke depan.
Jack Ma yakin bahwa atasan yang baik harus bisa berpikir ke depan. Dia harus selalu berada di depan para pesaingnya dan memikirkan pengaruh keputusan bisnisnya pada banyak orang. Berpikir dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan pribadi dalam menjalankan posisi sebagai atasan.

2. Jangan mencari musuh.
Salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Ma adalah gagasan menciptakan kompetisi yang ramah. Ma tidak melihat pesaing bisnisnya sebagai musuh tapi sebagai teman di mana dia bisa belajar dan menantangnya mengeluarkan potensi terbaik.

3. Tidak takut gagal.
Jack Ma tidak pernah takut gagal. Baginya, kegagalan adalah jika Anda tidak mau mencoba lagi untuk bangkit saat terjatuh dalam membangun bisnis. Bagi Ma, kunci kesuksesan adalah bertahan dan belajar dari kegagalan. Orang sukses hanyalah mereka yang mampu belajar dari seluruh kesusahan dan hambatan bisnisnya.

4. Gigih.
Mengetahui apa yang ingin dicapai dan mengejar kesuksesan merupakan salah satu kunci kehebatan bisnis Ma. Sehingga Anda akan terinspirasi untuk bekerja keras. Selain memiliki visi yang jelas, menjadi pebisnis menurut Ma juga harus gigih dan tangguh.

5. Mencintai hidup.
"Saya selalu membisikkan hidup saya bahwa kita lahir bukan untuk bekerja tapi untuk menikmati hidup," ujar Ma.

Itu yang membuatnya selalu bersemangat menjalani hidup dalam berkarir ataupun pribadi. Pernyataan tersebut tertanam dalam hati Ma dan terpancar dari gaya hidupnya. Menurutnya, hidup berarti menikmati dunia dan membantu orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, maka ubah pikiran tersebut.

Semoga rahasia sukses dari Jack Ma dapat menginspirasi Anda untuk juga menjadi sukses. Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.

 


(AHL)