BTN Uji Coba KPR Mikro Tahun Ini

Media Indonesia    •    Minggu, 04 Feb 2018 20:58 WIB
btn
BTN Uji Coba KPR Mikro Tahun Ini
Direktur Utama BTN Maryono. ANT/Prasetyo Utomo.

Jakarta: Setelah digodok sejak akhir 2016, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk semakin mendekati penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) mikro pada tahun ini. KPR mikro tersebut akan diuji coba di Garut, Kendal, dan Jember pada tahun ini.

"Ke depan BTN tidak hanya melayani KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB), tapi juga akan menawarkan KPR mikro yang subsidi dan non subsidi, Akan kami bangun pilot project-nya di Garut, Jember, dan Kendal," imbuhnya." ujar Dirut BTN Maryono dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 4 Februari 2018.

Maryono menambahkan, penyaluran KPR mikro tersebut ditujukan untuk masyarakat yang bekerja di sektor informal dan memiliki penghasilan di bawah Rp4,5 juta per bulan. BTN pun mengkhususkan pekerja informal itu yakni tukang cukur di Garut, para guru serta tukang bakso di Kendal, dan nelayan di Jember.

"Para pekerja ini yang kita prioritaskan," ucapnya.

Maryono mengakui lambatnya pelaksanaan KPR mikro sehingga baru dieksekusi pada tahun ini karena beberapa penyebab. Hambatan pertam a yakni lahan yang akan dibangun rumah belum disertifikasi sehingga butuh waktu. Selain itu syarat harus menabung minimal enam bulan yang masih memberatkan masyarakat.

"Tapi rencana pemerintah KPR mikro subsidi ada percepatan kemudahan suku bunga dan fasilitas syarat-syarat lainnya," tukas Maryono

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengapresiasi KPR mikro yang akan disalurkan BTN. Menurutnya kredit semacam ini harus diikuti oleh bank-bank lain."Seperti tukang cukur Garut itu bisa menyisihkan Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per minggu, jangan dianggap mereka lemah," ungkapnya.


(SAW)