Darmin: Musim Hujan Pengaruhi Kualitas Panen

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 08 Feb 2018 21:30 WIB
menko perekonomian
Darmin: Musim Hujan Pengaruhi Kualitas Panen
Menko Perekonomian Darmin Nasution. ANT/Wahyu Putro A.

Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan musim panen yang berbarengan dengan musim hujan akan mempengaruhi kualitas panen petani. Hal tersebut terjadi pada masa panen kali ini yang jatuh di Februari, bersamaan dengan masih adanya musim hujan di Indonesia yang dinilai akan mengurangi kualitas panen

"Ya memang itu dia, jadi kalau panen waktu musim hujan itu tentu saja akan pengaruhi panen petani," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2018.

Untuk mengantisipasi kualitas panen yang buruk, kata Darmin, pemerintah menugaskan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyerap panen petani secara lebih masif.

Selain itu, kata mantan Gubernur Bank Indonesia ini, antisipasi lainnya yang dilakukan yakni dengan menggunakan alat pengering (dryer) . Namun sayangnya, tak semua wilayah memiliki alat pengering. "Kalau sudah ada dryer ya lebih mudah. Dryer ada, tapi belum menyeluruh," jelas Darmin.

Sementara itu, Pengamat Pertanian Khudori mengatakan musim hujan akan berpengaruh bagi kualitas panen. Sebab, gabah yang dipanen nantinya akan berair atau basah. ika musim hujan tiba, tak ada matahari untuk menjemur gabah panen. Di tingkat penggilingan pun, tak semua tempat memiliki alat pengering, sehingga menyebabkan gabah mudah rusak dan berakibat pada jatuhnya harga.

"Kalau digiling kado beras, kualitasnya jelek, karena gabah rusak atau jelek membuat harganya jatuh," tambah Khudori.



(SAW)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

20 hours Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA