Pilkada 2018 Tidak akan Ganggu Iklim Ekonomi

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 17:42 WIB
pilkada 2018
Pilkada 2018 Tidak akan Ganggu Iklim Ekonomi
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO Sigid Kurniawan.

Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berharap pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak di 2018 tidak mengganggu jalannya pertumbuhan ekonomi tahun depan.

‎"Setidaknya dampak tahun politik akan memengaruhi ekonomi nasional, dari sektor konsumsi untuk lembaga pemerintah dan rumah tangga," kata Bambang, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Walaupun ekonomi berdampak positif, Bambang mengaku tingkat investasi diprediksi tidak akan se‎bagus yang telah terjadi sepanjang tahun ini. Karena mungkin ada investasi yang sifatnya masih wait and see.

"Sehingga pertumbuhan investasi agak menurun. Investor juga cenderung menunggu kepastian (pada saat situasi politik)," papar Bambang.

‎Adanya sikap wait and see investor, Bambang bakal mengupayakan memberikan kepastian bagi investor pada saat tahun politik di 2018.‎

"Kita harus bisa menjaga rezim peraturan, kita memastikan semua aturan itu menjaga semua kepentingan investor dan itu juga kita susun dari sekarang harusnya mereka akan punya keraguan yang lebih kecil," sebut Bambang.

Bambang optimistis pesta demokrasi 2018 akan berjalan dengan lancar. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah semakin matang dalam berpikir.

"Intinya kita memang makin matang berdemokrasi. Ekonomi kita juga makin terbuka, dan memberikan kesempatan kepada semua pihak," pungkas Bambang.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA