Bulog Riau Terus Desak Penyaluran Rastra Pagu Januari

   •    Rabu, 24 Jan 2018 14:06 WIB
stok berasbulograstra
Bulog Riau Terus Desak Penyaluran Rastra Pagu Januari
Ilustrasi (MI/SUSANTO)

Pekanbaru: Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Riau-Kepri menyatakan sedang mendesak penyaluran bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke seluruh wilayah kabupaten/kota setempat. Hal itu menjadi penting karena penyaluran rastra akan mengurangi beban masyarakat.

"Sesuai instruksi Kementerian Sosial secara serentak secara nasional terhitung tanggal 17 Januari kemarin kita sudah mulai distribusikan bansos Rastra," kata Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Awaludin Iqbal, seperti dikutip dari Antara, di Pekanbaru, Rabu, 24 Januari 2018.

Penyaluran Rastra pagu Januari didesak guna meringankan beban keluarga miskin di tengah gejolak harga beras. Awaludin menjelaskan untuk wilayah Riau pihaknya sudah menggelontorkan sesuai dengan kabupaten/kota masing-masing. Pihaknya menargetkan harus segera menyelesaikan proses distribusi sebelum akhir bulan.

"Kami harapkan pendistribusiannya dan 20 Januari selesai untuk pagu bulan ini, namun karena beberapa kendala ada beberapa wilayah belum tuntas, " tutur dia.

Hal ini, sambungnya, kini sedang diupayakan agar bisa maksimal. Sehingga masyarakat kurang mampu atau diistilahkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa terbantu tidak lagi membeli beras ke pasar di tengah gejolak kenaikan harga.

"Jadi masih ada beberapa adminstrasi data yang masih harus diverifikasi, sehingga belum bisa terealisasi seluruhnya. Kita berharap akhir bulan ini bisa selesai," pungkasnya.


(ABD)