Saran Desainer untuk Pengembangan Terminal 3 Soekarno-Hatta

   •    Minggu, 16 Oct 2016 21:59 WIB
terminal 3 ultimate
Saran Desainer untuk Pengembangan Terminal 3 Soekarno-Hatta
Ruang tunggu keberangkatan di Terminal 3 Ultimate -- Foto: Antara/ Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memproyeksikan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bisa menampung 25 juta penumpang per tahun. Untuk menuju ke arah sana, banyak hal yang harus dipenuhi. Apalagi jika ingin menyaingi kualitas Bandara Changi, Singapura.

“Menjadi sangat menarik untuk mempersiapkan Terminal 3 bila ingin menyaingi Bandara Singapura. Tapi, saya optimistis itu bisa terpenuhi dengan interior dan penataan alurnya. Untuk itu perlu ada peningkatan lagi dari yang sudah ada sekarang,” kata desainer Deden Siswanto, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/10/2016).

Menurutnya, Terminal 3 saat ini sudah canggih dengan keberadaan puluhan CCTV, penggunaan teknologi ramah lingkungan, hingga listrik yang berasal dari tenaga surya. 

"Ini tentu memberikan kenyamanan bagi setiap penumpang yang berada di dalam terminal 3," kata desainer asal Jawa Barat itu.

Salah satu yang dia kagumi dari Terminal 3 adalah konsep seni dan budaya di beberapa sudut bandara. Mulai dari foto-foto pahlawan nasional hingga rencana memasang lukisan dan patung Garuda.

“Fasilitas canggih dan rencana mengadakan beberapa pameran seni menjadi menarik. Tapi, semua itu mudah rusak dan tak berguna apabila tidak memperhatikan maintenance (pemeliharaan). Kita tahu selama ini di Indonesia maintenance kurang diperhatikan dengan baik,” kata perancang yang tergabung dari Indonesia Fashion Chamber ini.

Terminal 3 memiliki luas 422.804 meter persegi. Pembangunan terminal ini menelan biaya investasi Rp7 triliun. Terminal ini menjadi basis operasi Garuda Indonesia dan seluruh maskapai penerbangan internasional.

 


(UWA)