Sulteng Gelar Pameran Cokelat Produk IKM Lokal

   •    Kamis, 24 Nov 2016 14:13 WIB
industri kecil menengah
Sulteng Gelar Pameran Cokelat Produk IKM Lokal
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Palu: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) akan menggelar pameran hasil industri pengolahan cokelat di Palu. Hal itu dilakukan sebagai upaya promosi produk-produk unggulan daerah ini.

"Pameran ini adalah untuk kedua kalinya dilakukan Pemprov Sulteng, dan diharapkan berdampak pada hasil penjualan para pelaku usaha," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat Abubakar Almahdali, seperti dikutip dari Antara, di Kota Palu, Kamis (24/11/2016).

Ia mengatakan pameran yang akan dibuka Gubernur Sulteng Longki Djanggola itu akan diikuti 45 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dari sejumlah kabupaten dan kota, tetapi terbanyak di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

"Kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Sulteng sudah memiliki industri pengolahan dari buah kakao menjadi cokelat yang siap dipasarkan dan dikonsumsi masyarakat," tegasnya.

Sulteng sejak 2015 telah berhasil memproduksi cokelat dari biji kakao asli produksi petani di daerah itu. Bahkan untuk mendorong tumbuhnya IKM di Sulteng maka pihaknya pada 2015 juga membangun rumah cokelat dengan produksi masih terbatas.

Rumah cokelat yang dibangun di Kota Palu tersebut hingga kini masih terus berjalan atau berproduksi dan hasil produksi sudah dipajang di toko-toko, swalayan dan mall di Sulteng. "Rumah cokelat Sulteng diresmikan oleh Menteri Perindustrian pada 2015," pungkasnya.

 


(ABD)