Menko Darmin Ingin KUR Sasar Petani dan Nelayan

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 24 Nov 2016 20:54 WIB
kur
Menko Darmin Ingin KUR Sasar Petani dan Nelayan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian akan mengevaluasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) tahun ini. Pasalnya penyaluran KUR saat ini masih didominasi untuk para pedagang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, fenomena KUR yang ada kurang menggembirakan. Saat ini hampir seluruh penyaluran KUR dinikmati oleh pengguna kredit mikro dari mulai retail namun masih sedikit yang untuk petani produksi.

"Setelah saya cek ternyata dari periode I ini 80 berapa gitu, 65 kira-kira itu mikro. Begitu kita cek ke dalam, yang produksi masih minoritas. Buat saya ini aneh," kata Darmin di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Baca: Bunga KUR Dipastikan Turun Jadi 7% di 2017

Dirinya menambahkan, pada Desember ini pemerintah akan menyusun desain KUR untuk tahun depan. Tujuannya agar para nelayan serta petani juga bisa mendapatkan akses penyaluran KUR sama seperti pedagang ritel.

"Pedagang kan memang rakyat kita, tapi jangan lebih banyak. Intinya bukan berapa persennya, bisa saja jumlah ditambah, tapi yang paling penting itu produksi. Bunga (turunnya) gampang deh nanti," jelas dia.

Salah satu alternatif yang akan diberikan adalah memberikan plafon kredit mikro untuk pedagang dan nelayan. Sementa pedagang akan diberikan plafon kredit yang berbeda karena selama ini penyalurannya lebih besar.

"Kita akan bikin dan akan ada mikronya, misalnya petani, nelayan saja yang boleh. Artinya dan itu selalu berbeda dalam plafonnya, mikro itu Rp15 juta saja. Untuk pedagang itu kan faktanya lebih besar," pungkasnya.

 


(AHL)