Menko Luhut Minta Nelayan Taat Bayar Pajak

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 20 Sep 2016 16:11 WIB
nelayan
Menko Luhut Minta Nelayan Taat Bayar Pajak
Nelayan. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada nelayan untuk taat membayar pajak jika dizinkan kembali melaut dengan menggunakan kapal kapasitas besar yakni di atas 400 GT.

Hal itu dikatakannya karena ia menilai seharusnya pajak dari sektor perikanan cukup besar tapi realisasinya yang tercatat masih kecil. Dia tak mengatakan berapa besar porsi pajak sektor perikanan terhadap total penerimaan pajak.

"Kemarin saya juga ingatkan, pajak jangan lupa dibayar. Karena laporan pajak dari perikanan itu rendah," kata Luhut di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Luhut menginginkan, negara dan nelayan sama-sama untung dengan kebijakan ini. Nelayan untung diberikan izin lalu mendapatkan tangkapan ikan yang banyak dan negara juga mendapatkan untung dari pajak yang dilaporkan nelayan-nelayan tersebut.

"Kita ingin supaya semua, kamu (nelayan) dapat duit, tapi kita (negara) juga dapat pajaknya," ujar Luhut.

Kontribusi sektor perikanan terhadap pajak memang masing rendah. Sebagai gambaran kontribusi penerimaan pajak dari sektor perikanan tangkap secara umum pada 2014 hanya menyumbang 0,05 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan hanya 0,01 persen dari total penerimaan pajak per tahun. 



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA