OJK Sulteng Buka Kantor Darurat di Palu

   •    Minggu, 07 Oct 2018 09:19 WIB
bencana alam
OJK Sulteng Buka Kantor Darurat di Palu
OJK (MI/RAMDANI).

Palu: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sulawesi Tengah membuka kantor darurat karena kantor pelayanan sebelumnya di Jalan Basuki Rahmat retak-retak akibat gempa 7,4 Skala Richter, Jumat, 28 September petang. 

"Cuma 'retak rambut', makanya operasional kantor pindah sementara di rumah jabatan Jalan Kijang Raya 13," kata Kepala OJK Perwakilan Sulawesi Tengah Syukri Andi Yunus di Palu dikutip dari Antara, Minggu,l 7 Oktober 2018. 

Dia mengatakan kantor darurat tersebut dibuka untuk kelancaran pelayanan, apalagi pascagempa dan tsunami Palu diperkirakan banyak pengaduan terkait dengan permasalahan perbankan dan perusahaan pembiayaan.

Secara konstruksi bangunan OJK di Jalan Basuki Rahmat, kata Syukri, tidak ada masalah.

"Setelah dilakukan penilaian, gedung dinyatakan masih layak pakai, namun mengingat gempa susulan frekuensi masih tinggi sehingga pindah untuk sementara," katanya.

Ia mengatakan seluruh karyawan dan pegawai OjK Sulteng selamat dalam peristiwa yang meluluhlantakkan Kota Palu pada 28 September 2018 itu.

Terkait dengan potensi pengaduan dan banyaknya masalah yang timbul terkait dengan pinjaman nasabah, Syukri meminta agar bank melakukan pemetaan atas potensi kredit macet.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan atas sejumlah masalah keuangan yang muncul pascabencana alam.

"Sedang di data dan ada relaksasi kebijakan, baik dari sisi industri, yaitu bank harus melakukan pemetaan tingkat potensi macet dan dari sisi debitur yaitu administrasi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan)," katanya.

Gempa dan tsunami di Kota Palu telah merusak sejumlah infrastruktur strategis, rumah penduduk, sarana dan prasarana milik pemerintah dan berbagai sektor usaha masyarakat.

Hingga kini belum ada data yang dikeluarkan lembaga berwenang atas kerugian materil atas porak-porandanya Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA