Merpati Siap-Siap Dijual ke Investor Asing dan Lokal

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 14 Nov 2018 15:40 WIB
merpati sekarat
Merpati Siap-Siap Dijual ke Investor Asing dan Lokal
Illustrasi. MI/Paco Amalo.

Jakarta: Pengadilan Niaga Surabaya memutuskan maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines (Persero) bisa mengudara kembali dan tidak dinyatakan pailit. Lantas apa langkah pemerintah agar Merpati bisa segera terbang?

Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro mengatakan putusan tersebut mengartikan bahwa langkah selanjutnya yaitu privatisasi. Privatisasi dilakukan dengan mengundang investor untuk mengucurkan modal bagi maskapai.

"Kita harus bawa ke next step yaitu privatisasi itu prosedurnya masih panjang," kata Aloysius dihubungi Medcom.id, Rabu, 14  November 2018.

Aloysius mengatakan modal tersebut berasal dari gabungan investor asing dan lokal. Namun dia tidak merinci identitas investor tersebut sampai ada keputusan resmi.

Sebelumnya sidang putusan nasib PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur, telah selesai. Hasilnya, maskapai pelat merah itu tetap bisa mengudara dengan syarat.

"Dengan syarat, Merpati harus melunasi utang ke semua kreditur," kata Ketua Majelis Hakim Sigit Sutriono, saat membacakan amar putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), di PN Surabaya, Rabu, 14 November 2018.

Seperti diketahui operasional maskapai perintis tanah air ini terhenti lantaran Merpati masih menanggung beban utang sebesar Rp10,7 triliun. Sementara aset perusahaan hanya Rp1,2 triliun. Artinya ekuitas perusahaan ini minus sekitar Rp9 triliun.

Utang tersebut yakni utang maskapai pada pada pada krediturnya. Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Hendry Sihotang mengatakan ada ribuan kreditur yang diutangi oleh Merpati.

 


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA