Askrindo Jamin Aset Pelindo III Rp12,2 Triliun

Rizkie Fauzian    •    Selasa, 06 Feb 2018 15:08 WIB
pelindoaskrindo
Askrindo Jamin Aset Pelindo III Rp12,2 Triliun
?Askrindo Jamin Aset Pelindo III Rp12,2 Triliun. (FOTO: dokumentasi Askrindo)

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam beberapa kesempatan menekankan agar BUMN melakukan sinergi dalam rangka memperkuat kerja sama antar-BUMN.

Sinergi tersebut perlu dilakukan agar usaha-usaha yang digeluti perusahan pelat merah tersebut semakin berkembang dan memberi manfaat lebih besar kepada semua stakeholder.

Sejalan dengan arahan Menteri Rini, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) melakukan penandatangan kerja sama penjaminan risiko oleh Askrindo atas aset yang dimiliki Pelindo III untuk memperkuat sinergi BUMN antara kedua perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur Operasional Komersil Askrindo Dwi Agus Sumarsono menjelaskan Askrindo melakukan penutupan asuransi aset milik Pelindo III beserta grupnya antara lain PT Terminal Teluk Lamong, PT Pelindo Service Marine Service, PT Pelindo Husada Citra (PHC), PT Pelindo Energi Logistrik, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, dan PT Berlian Manyar Sejahtera.

"Total Aset Pelindo III dan grup yang diasuransikan oleh Askrindo sebesar Rp12,2 triliun selama periode asuransi satu tahun ke depan," ujar Dwi Agus dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 6 Februari 2018.

Dwi Agus menjelaskan beberapa jenis asuransi yang dikover oleh Askrindo yaitu Property All Risk Insurance (PAR), Earthquake Insurance, Movable All Risk Insurance, Contractor Plant Machinery Insurance, Civil Engineering, Completed Risk Insurance, dan Marine Hull Insurance.

"Ke depan kita juga akan menawarkan kepada vendor-vendor Pelindo III beserta anak-anak perusahaan baik untuk mengkover pembiayaan penjaminan mereka atau pun untuk mengkover asuransi aset-asetnya. Selain itu, ke depan kita akan mengkover atas pengembangan aset Pelindo III yang lain seperti jalan tol serta kapal-kapal yang masuk ke kawasan Pelindo III yang belum dikover oleh asuransi," jelas Dwi Agus.

Dirinya berkeinginan dengan penandatanganan kerja sama ini diharapkan akan membawa dampak positif untuk BUMN lainnya. "Nanti kami akan tawarkan juga ke Pelindo IV, dengan produk-produk yang  sudah kami kerja sama kan dengan Pelindo I, II, dan III," tambah dia.

Sementara itu, guna memudahkan para klienya serta menuju proses digitalisasi, Askrindo tengah menyiapkan layanan one stop service yang akan melayani beragam bentuk asuransi sejalan dengan target tersebut.

"Khusus tahun ini kita akan fokus untuk layanan one stop service kepada pada klien kita, ini juga merupakan perubahan yang akan kita menuju market leader di 2020," pungkas Dwi.


(AHL)