Wali Kota Tomohon Yakin Wujudkan Ketahanan Pangan

   •    Senin, 18 Jun 2018 23:13 WIB
pangan
Wali Kota Tomohon Yakin Wujudkan Ketahanan Pangan
Pangan. Dok;ANT.

Tomohon: Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman optimistis pemerintah di daerah berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu mampu mewujudkan ketahanan pangan.

"Pembangunan ketahanan pangan sangat penting mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya menjadi hak asasi setiap individu," kata Wali Kota Jimmy di Tomohon dikutip dari Antara, Senin, 18 Juni 2018. 

Pemerintah, kata dia, menjadikan pembangunan ketahanan pangan sebagai urusan wajib dan menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional Nawa Cita ketujuh.

Karena itu, sinergitas antara pemerintah dengan pemangku kepentingan lainnya seperti dewan ketahanan pangan Kota Tomohon menjadi penting dilakukan.

"Pembentukan dewan ketahanan pangan dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Kota Tomohon mewujudkan cita-cita peningkatan ketahanan pangan," ujarnya.

Ketahanan pangan, lanjut Wali Kota mencakup penyediaan, distribusi, cadangan, penganekaragaman konsumsi, pencegahan serta penanggulangan masalah pangan dan gizi.

Terjaminnya kebutuhan pangan dan mencapai mutu kehidupan yang layak tercermin dalam kehidupan yang sehat, aktif serta produktif.

"Saya mengajak kita semua untuk berperan aktif dalam upaya-upaya meningkatkan kemandirian pangan dan mengantisipasi meluasnya peredaran pangan berbahaya di masyarakat," ajaknya.



(SAW)