BI Sosialisasi Keaslian Rupiah ke Pertuni

   •    Rabu, 19 Apr 2017 18:49 WIB
bank indonesia
BI Sosialisasi Keaslian Rupiah ke Pertuni
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Indonesia (BI) melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah kepada anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), hal ini dilakukan supaya tunanetra tidak mudah tertipu.

"Kali ini kami melakukan sosialisasi kepada sejumlah tunanetra di Provinsi Sulut, agar mereka semakin mengenal dengan jelas rupiah emisi 2016," kata Deputi Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulut, Buwono Budi Santoso di Manado, seperti dikutip dari Antara, Rabu 19 April 2017.

Dia mengatakan ada perwakilan dari setiap kabupaten dan kota yang mengikuti sosialisasi tersebut.

"Saya harap orang-orang yang memiliki kekurangan juga berhak memperoleh pengetahuan ciri-ciri keaslian uang supaya mereka tidak tertipu," jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dianggap cukup bermanfaat bagi para tunanetra agar dapat membedakan mana uang asli dan mana uang palsu serta mengetahui berapa nominal uang yang mereka terima.

Apalagi, katanya, dalam uang rupiah emisi 2016 ini diberikan tanda untuk tunanetra lebih jelas dari emisi yang lalu.

Wakil Ketua Pertuni Sulut Azis Ismail mengatakan sosialisasi yang dilakukan BI ini sangat membantu dirinya sehingga lebih jelas meraba keaslian uang rupiah emisi 2016.

"Uang kertas emisi 2016 lebih mudah diketahui ketimbang emisi yang lama," tambah Azis.

Salah satu tunanetra asal Kota Manado Marthen Sekun mengatakan uang rupiah emisi 2016 ini lebih cepat diketahui nominalnya. "Karena ada tanda garis yang membedakan masing-masing pecahan," jelasnya.

Marthen mengatakan dirinya tidak perlu lagi memanggil teman atau saudara untuk membantu melihat nominal uang yang dia pegang.


(AHL)