Program KPR DP 1% BPJS Ketenagakerjaan Sudah Bisa Diakses

Desi Angriani    •    Minggu, 14 May 2017 16:38 WIB
rumah tapak
Program KPR DP 1% BPJS Ketenagakerjaan Sudah Bisa Diakses
Perumahan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan down payment (dp) 1 persen bagi peserta aktif.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan M Krishna Syarif mengatakan, program rumah murah tersebut sudah bisa diakses masyarakat.

baca : Bank BUMN Ikut Membiayai Pembangunan Rumah Tapak

"Kita sekarang sudah mulai diakses dan kerja sama dengan bank BTN. Tolong sampaikan ke masyarakat bahwa masyarakat sudah bisa akses (program KPR)," kata Krishna di area Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu 14 Mei 2017.

Krishna menuturkan, untuk memudahkan masyarakat, BPJS akan memberikan rekomendasi kepada BTN selaku penyalur kredit. Masyarakat tinggal membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan ke kantor cabang BTN yang ada di kabupaten/kota.

"Kita memberikan rekomendasi kepada BTN bahwa mereka yang mendaftar adalah peserta aktif jadi prosesnya langsung aja datang ke cabang BTN dan menunjukkan kartu BPJSnya," tutur dia.

Dia menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan saat ini masih fokus dalam meningkatkan program KPR sebelum merambah program lainnya. Adapun fasilitas KPR untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maksimal 99 persen dari harga rumah, sedangkan untuk kategori non-MBR sebesar maksimal 95 persen dari harga rumah yang maksimal Rp500 juta.

"Sekarang kita fokus ke perumahan dulu deh dan kualitas pelayanan, dan SPO. SPO bekerjasama dengan perbankan untuk mempermudah layanan masyarakat untuk mendapatkan BPJS yaitu pada cabang-cabang yang sudah menjalin kerjasama dengan bank BRI, bank BNI, BTN," tutup Krishna.


 


(SAW)