Ardin Dituntut Jadikan Dunia Usaha Melek Digital

   •    Kamis, 08 Mar 2018 13:54 WIB
industri digital
Ardin Dituntut Jadikan Dunia Usaha Melek Digital
Ilustrasi - Medcom.id/M Rizal

Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menekankan Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri (Ardin) Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa agar mampu membuat kalangan dunia usaha melek dunia digital. Ini sebagai syarat mutlak mengikuti kemajuan informasi teknologi.

"Fungsi utama Ardin Indonesia adalah membuka jaringan bagi para anggotanya," kata Bamsoet, sapaan Bambang, dalam keterangan tertulis, Kamis, 8 Maret 2018.

Ia yakin dengan langkah itu Ardin mampu mengembangkan bisnisnya masing-masing. "Zaman now, jual beli barang melalui online. Lelang barang dan jasa yang diadakan pemerintah juga melalui online. Kita memasuki Revolusi Industri 4.0. Ardin harus bergerak cepat agar pengusaha melek teknologi informasi," katanya.

Ia juga meminta Ardin turut menyukseskan program pemerintah dalam mengefektifkan proses pengadaan barang dan jasa. Ardin diharapkan tak hanya menjalankan fungsi bisnis jual beli antarperusahaan, namun juga menjalankan peran sebagai mitra strategis bagi pemerintah.

"Fokus pemerintah saat ini adalah efisiensi. Ardin harus menyukseskan program ini dengan cara memotong mata rantai distribusi," kata dia.

Sekretaris Jenderal Ardin Indonesia Herman Heru menyatakan Ardin siap menyongsong era digitalisasi. Dirinya juga menginformasikan bahwa pengurus sudah membuat platform marketplace penjualan produk usahanya melalui online.

Dalam kesempatan yang sama Heru meyakinkan dukungan terhadap langkah efisiensi yang dilakukan pemerintah.

"Namun kami juga minta Ketua DPR bisa memberikan bantuan. Pasalnya, saat ini berbagai proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan di berbagai daerah seringkali ada permainan yang tidak fair," katanya.

Ia meminta Ketua DPR dapat berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri untuk menekankan jajaran pemerintah daerah tak bermain mata dalam proses pengadaan barang dan jasa.




(UWA)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA