Tak Pernah Kapok, Alasan KKP Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 11 Jan 2018 17:43 WIB
illegal fishing
Tak Pernah Kapok, Alasan KKP Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan
Illustrasi (ANT/Ampelsa).

Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ‎sangat aktif menenggelamkan kapal asing pencuri ikan (illegal fishing). Aksi itu dilakukan karena banyak nelayan dari negara lain yang tidak pernah kapok dan berhenti untuk mencuri ikan di laut Indonesia.

Menurut Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo, langkah Menteri Susi menenggelamkan kapal illegal fishing karena banyak kapal dari negara lain yang masih mencuri ikan dari lautan Indonesia. Sebab, sumber daya perikanan di Indonesia sangat melimpah ruah, sehingga membuat mereka tertarik mengambil ikan secara ilegal di Indonesia.

"Di daerah perairan kita sering kedapatan tamu yang tidak pernah ketuk pintu. Meski sudah dilakukan penenggelaman dengan berbagai macam cara, toh kapal asing tadi tetap masuk ke dalam. Artinya sumber daya perikanan kita banyak, jauh lebih bagus dari mereka," ucap Nilanto, ‎ditemui dalam konferensi pers di kawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Memang, dia mengaku, mengawasi laut merupakan tugas yang sulit dan tidak mudah. Selain menggunakan kapal pengawas dan harus memanfaatkan tenologi yang cukup baik dalam mengawasinya.‎

"Ini memang tantangan, luas laut yang demikian besar membutuhkan sarana prasarana teknologi metodologi sebaik mungkin agar kita bisa memastikan agar supaya laut itu selama 24 jam bisa terawasi," terang Nilanto.

Dengan mengawasi, lanjut dia, maka kekayaan laut Indonesia akan terjaga. Adapun penenggelaman kapal di tahun ini, dia mengikuti arahan dari Presiden Jokowi. "Kalau itu sudah cukup, penjelasan presiden sudah lebih dari cukup," tukas Nilanto.



(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA