Penjelasan Menaker soal Moratorium Penempatan TKI

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 07 Feb 2018 17:54 WIB
berita kemenaker
Penjelasan Menaker soal Moratorium Penempatan TKI
Antara Foto

Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia ke 19 negara Timur Tengah karena di sana belum ada Undang-Undang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Menaker M. Hanif Dhakiri menegaskan negara penempatan wajib mempunyai jaminan keselamatan PMI.

Selain itu, negara penempatan juga belum memiliki mekanisme penyelesaian masalah PMI. "Banyak kasus yang terjadi di negara penempatan," kata Hanif saat rapat kerja Kemenaker dengan Komisi IX DPR di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Februari 2018.

Moratorium pengiriman TKI juga karena belum adanya tata kelola PMI di Indonesia. "Jadi masih ada banyak pekerjaan rumah," ujar Hanif.

Hanif menjelaskan, tujuan moratorium ini untuk mendorong perbaikan tata kelola perlindungan PMI di Indonesia sekaligus mendorong negara tujuan penempatan untuk memperbaiki aturan atau tata kelola penempatan dan perlindungan tenaga kerja asing (TKA).

"Serta memiliki mekanisme penyelesaian masalah jelas dan clear di sana," jelasnya.

Menuruf Hanif, hal ini sejalan dengan UU PMI Pasal 31 yang menyebutkan bahwa penempatan PMI hanya ke negara yang telah memiliki peraturan perundangan yang melindungi tenaga kerja asing (TKA), perjanjian bilateral, dan jaminan sosial.

Hanif menegaskan, Kemenaker belum ada keinginan memperbarui moratorium. Kemenaker hanya akan mereview dan negosiasi ulang dengan negara penempatan. "Kepmen 260 tetap berlaku dan moratorium tidak dibuka," tegasnya.

Keputusan untuk tidak membuka kembali moratorium didukung sebagian besar anggota Komisi IX DPR. "Kalau saya tidak setuju moratorium dibuka," tutur anggota Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz.

Berikut 19 negara yang terkena dampak moratorium penempatan TKI:

1. Arab Saudi
2. Aljazair
3. Bahrain
4. Kuwait
5. Irak
6. Mauritania
7. Libia
8. Maroko
9. Mesir
10. Palestina
11. Tunisia
12. Uni Emirat Arab
13. Yaman
14. Yordania
15. Suriah
16. Tunisia
17. Oman
18. Sudan
19. Qatar


(TRK)