Jebolan Balai Latihan Kerja Dinilai Semakin Berkualitas

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 02 Feb 2018 18:58 WIB
berita kemenaker
Jebolan Balai Latihan Kerja Dinilai Semakin Berkualitas
Tenaga kerja industri rokok. Antara Foto

Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan fokus memperbaiki kualitas balai latihan kerja (BLK) melalui program Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding (3R). Sejauh ini pelaksanaan program tersebut berjalan baik.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker (Binalattas) Bambang Satrio Lelono mengatakan sejauh ini ada tiga BLK milik pemerintah yang sudah mengikuti program 3R. Ketiga BLK tersebut ada di Serang, Bekasi, dan Bandung.

"Sudah menujukkan progres yang sangat bagus. Pelatihan sudah fokus pada beberapa kejuruan dan hasilnya lebih masif," kata Bambang di Jakarta, Jumat, 2 Februari 2018.

Ia mengatakan, sejauh ini ketiga BLK milik pemerintah tersebut sudah mampu memproduksi sumber daya manusia (SDM) dua kali lipat dari sebelumnya. Ia menyebut BLK di Bekasi memproduksi SDM sekira 6 ribu orang.

"BLK Bandung banyak, dua kali lipat dengan 3R itu. Rata-rata dua kali lipat dari kuantitas yang sebelumnya," katanya.

Kesuksesan program 3R ini menunjukkan bahwa arah pelatihan vokasi sudah lebih fokus dan hasilnya lebih masif. Sebelumnya, BLK milik pemerintah memproduksi SDM hanya ratusan orang.

"Ke depan kita sedang menyusun grand design access dan mutu pelatihan vokasi nasional. Rencananya kita ditunjuk sebagai koordinator pelatihan vokasi nasional yang koordinasi pelatihan vokasi ada di Kemenaker, kementerian dan lembaga lain," jelasnya.

Dengan grand design tersebut, BLK bisa diakses masyarakat dari berbagai tingkat usia, latar belakang pendidikan, dan domisili. Kemudian secara mutu perlahan akan meningkat, menyesuaikan program pelatihan dengan kebutuhan jabatan di industri maupun proses pelatihan, diakhiri dengan sertifikasi.

"Sehingga kepercayaan masyarakat dan dunia industri meningkat karena sudah terbukti berubah (kualitas SDM)," pungkas Bambang.


(TRK)

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA