Bertemu Wapres, Menteri PDT Diskusikan Program Satu Desa Satu Produk

Dheri Agriesta    •    Selasa, 14 Feb 2017 18:37 WIB
desa tertinggal
 Bertemu Wapres, Menteri PDT Diskusikan Program Satu Desa Satu Produk
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Antara/Wahyu Wening.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sandjoyo bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pertemuan itu untuk mendiskusikan program satu desa satu produk yang sedang digagas.

"Tadi saya berkonsultasi dengan bapak Wapres. Kita mau mengusulkan semacam gerakan nasional satu daerah satu produk," kata Eko di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 14 Februari 2017.

Eko sadar, sebagian besar daerah di Indonesia memiliki potensi besar di sektor pertanian. Tak heran banyak warga di desa menggantungkan hidup di sektor pertanian sebagai petani.

Tapi hal ini tak cukup mengangkat dan menggerakkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah pun akan mendorong daerah untuk mengembangkan produk unggulan pascapanen. Hal itu, kata dia, akan membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat.
 
"Jadi nanti ada buruh di trayer, buruh di gudang, angkutan, dan pewarung," kata Eko.

Eko percaya program ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Bahkan, hal ini dapat membuat peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Eko pun akan meminta pertemuan khusus dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait bersama kepala daerah untuk membicarakan hal ini. Dalam ratas itu, pemerintah akan mendengarkan keinginan setiap daerah dan produk yang akan dikembangkan.

"Pemerintah juga akan menjadi link and match, membuat pengusaha di sektor pascapanen untuk masuk ke daerah yang menentukan pasca panennya apa gitu," pungkas dia.


(SAW)