Tiga Kiat Menperin Ciptakan Karakter Unggul

Husen Miftahudin    •    Sabtu, 17 Sep 2016 13:05 WIB
pertumbuhan industri
Tiga Kiat Menperin Ciptakan Karakter Unggul
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan tiga kiat dalam menciptakan karakter unggul untuk generasi muda Indonesia.

Pertama, membangun integritas, yang dilakukan dengan menunjukkan nilai-nilai positif dalam setiap tindakan dan perkataan serta berperilaku tulus dan nyata.

Kedua, belajar dari kesalahan. Airlangga mangatakan, kegagalan perlu dijadikan umpan balik karena akan memberikan pelajaran tumbuh dan berhasil.

"Ketiga adalah bicara jujur dan ramah. Oleh karena itu, berpikir sebelum berbicara dan pastikan tujuannya positif," ungkapnya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Airlangga sebagai pengagum ajaran Mahatma Gandhi, juga menyampaikan tujuh ajaran Mahatma Gandhi yang perlu direnungkan terkait dengan tujuh hal yang harus dihindari.

Adapun tujuh ajaran tersebut yakni kesenangan tanpa kesadaran, kekayaan tanpa kerja, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, penghargaan tanpa pengorbanan, dan politik tanpa prinsip.

Hal ini pun terkait dengan Indonesia yang diyakini akan menjadi negara maju dalam satu dekade ke depan. Di mana kunci sukses kemajuan tersebut adalah generasi muda yang giat belajar dan berkomitmen tampil unggul sehingga mampu menghadapi persaingan global.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA