Beli ST-001: Investasi Membangun Negeri

M Studio    •    Senin, 22 Aug 2016 00:00 WIB
berita bca
Beli ST-001: Investasi Membangun Negeri
Berinvestasi ST-001 aman karena dijamin oleh negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN (Foto:Dok.BCA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda ingin berinvestasi dengan aman? Tidak usah bingung, karena saat ini instrumen investasi perorangan yang ditawarkan oleh pemerintah semakin beragam. Yang terbaru adalah Sukuk Tabungan seri ST-001 (ST-001).

Tak beda jauh dari instrumen-instrumen investasi yang telah diterbitkan sebelumnya, yaitu Sukuk Negara Ritel (SR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan merupakan investasi perorangan dalam mata uang rupiah yang ditawarkan melalui agen penjual dan memberikan imbalan tetap (fixed).  

Imbal hasil yang diperoleh investor pada saat diterbitkan di pasar perdana juga kompetitif. Saat diterbitkan, imbalan/kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat suku bunga deposito bank BUMN. Imbalan dari investasi ini akan dibayarkan secara periodik setiap bulan.

Untuk Sukuk Tabungan seri ST-001 ini pemerintah telah menetapkan tingkat imbalan/kupon tetap  sebesar 6,90 persen per tahun dan jatuh tempo pada 7 September 2018. Dalam menginvestasikan dana, tentu faktor keamanan menjadi pertimbangan utama Anda.

Apakah berinvestasi melalui ST-001 aman? Ya, karena dijamin oleh negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN,  maka tidak akan ada risiko gagal bayar imbalan maupun nilai pokok ST-001.

Bedanya dengan instrumen investasi pendahulunya, instrumen investasi yang dijalankan sesuai prinsip Syariah ini diterbitkan tanpa warkat, tidakdapatdiperdagangkandandialihkan. Jadi Sukuk Tabungan seri ST-001 ini tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo kecuali pada masa early redemption.

Lalu bagaimana jika Anda memerlukan dana tunai mendesak? Jangan khawatir, pemerintah menyediakan opsi Early Redemption, yang memungkinkan investor mencairkan ST-001 sebelum jatuh tempo dengan ketentuan tertentu.

Melalui ST-001, pemerintah berharap masyarakat dapat menyimpan dana secara aman dan nyaman dalam waktu lebih lama, sehingga manfaat dari investasi lebih bisa dirasakan.

Sebagai salah satu Agen Penjual ST-001, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menawarkan beberapa keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan. Selain jaringan cabang yang luas tersebar di berbagai kota/wilayah di Indonesia, jika Anda membeli ST-001 di BCA akan memperoleh penawaran menarik sebagai berikut:

1. Cash back hingga 0,2 persen dengan nominal pembelian tertentu
2. Bebas biaya pembukaan rekening efek
3. Bebas biaya pengiriman surat konfirmasi Jual maupun Beli
4. Bebas biaya transfer kupon per bulan

Penawaran tersebut hanya berlaku jika Anda membeli ST-001 di BCA dan tidak berlaku jika Anda membeli melalui Sub Agen BCA.

Anda berminat berinvestasi di ST-001? Silakan kunjungi Layanan BCA Prioritas atau Kantor Cabang Utama BCA terdekat,  isi formulir ST-001 dilengkapi dengan fotokopi KTP, lalu membuka Rekening Efek di BCA  dan tentu saja, siapkan dana di Rekening BCA Anda.

ST-001 mulai ditawarkan pada 22 Agustus hingga 2 September 2016, dengan minimal pembelian sebesar Rp2 juta dan maksimal Rp5 miliar.

Ayo berinvestasi!


(ROS)