Dukung Amnesti Pajak, Murdaya Poo Minta Pemerintah Jamin Kepastian Hukum

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Sep 2016 14:03 WIB
tax amnesty
Dukung Amnesti Pajak, Murdaya Poo Minta Pemerintah Jamin Kepastian Hukum
Murdaya Poo (ketiga dari kiri) (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha besar nasional, Murdaya Widyawimarta Poo, siap membantu pemerintah menyukseskan program amnesti pajak atau tax amnesty. Sebagai Ketua Dewan Pembina Forum Bersama Indonesia-Tionghoa, Murdaya siap mendorong para pengusaha etnis Tionghoa untuk ikut amnesti pajak.

Apalagi, kata dia, mayoritas warga etnis Tionghoa yang ada di Indonesia merupakan pengusaha. Namun demikian, dia meminta agar pemerintah menjamin kepastian hukum tanpa omong kosong bagi para pengusaha yang sudah melaporkan hartanya.

"Tentu kita harapkan kondusifitasnya, kepastian hukumnya penting. Sekali lagi saya harapkan pemerintah untuk menjamin kepastian hukum tanpa omong kosong," tegas Murdaya, di Kanwil DJP Jakara Selatan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Selain itu, dia juga meminta pemerintah menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) badan dalam negeri. Sebab jika tidak, program amnesti pajak akan pincang karena para pengusaha akan kembali melarikan dananya ke luar negeri.

Menurut Murdaya, tarif PPh badan di Indonesia harus sama dengan negara-negara ASEAN lainnya. Sebab saat ini, tarif PPh badan di Indonesia sebesar 25 persen, masih lebih tinggi dibandingkan dengan di Singapura 17 persen dan Thailand 23 persen.

Murdaya berharap, pemerintah benar-benar-benar melakukan segala upaya untuk menarik para wajib pajak yang menyimpan uangnya di luar negeri dengan membuat iklim perekonomian yang kondusif.

"Karena itu kita harapkan PPh kita sama dengan negara lain. Harus kompetitif dan tentunya harus kondusif," pungkasnya.

 


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA