Kemenperin Dorong Ekspor INKA ke Sri Lanka

   •    Selasa, 20 Sep 2016 18:23 WIB
inka persero
 Kemenperin Dorong Ekspor INKA ke Sri Lanka
Illustrasi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian mengapresiasi ekspor kereta yang dilakukan PT Industri Kereta Api (Persero) ke Sri Lanka dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 45 persen.

"TKDN 45 persen itu besar sekali untuk memproduksi kereta api. Tadi pak Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bilang kita dukung," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan dikutip dari Antara, Kamis (20/9/2016). 

Menurut Putu, Kemenperin selalu mendorong Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) untuk mendorong geliat industri nasional.

Putu menyampaikan Kemenperin siap memberikan rekomendasi kepada Kementerian Keuangan untuk memperoleh persetujuan prinsip pembiayaan sesuai program National Interest Account (NIA) untuk ekspor kereta itu.

"Kami akan memberikan rekomendasi kepada Kemenkeu jika diperlukan, untuk buyers credit yang sesuai NIA tadi," ujar Putu.

Diketahui, INKA tengah mempersiapkan diri untuk mengekspor Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) senilai USD70 juta ke Sri Lanka.

"Kita sudah tinggal memasukan penawaran. semua persyaratan sudah terpenuhi, tinggal minta dukungan untuk buyers credit dari program National Interest Account (NIA)," kata Mohamad Nur Sodiq, Finance & HRM Director INKA.

Menurut Sodiq, Sri Lanka merupakan pasar baru bagi INKA di kawasan Asia Selatan, karena sebelumnya, kebutuhan kereta di negara-negara tersebut dipernuhi oleh produk-produk dari India.

Sodiq menambahkan, TKDN kereta yang akan diekspor ke Sri Lanka tersebut mencapai 45 persen, sehingga produknya benar-benar dapat merepresentasikan karya anak bangsa.

"Kami siap membawa terbang Indonesia ke mancanegara," pungkasnya.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA