Kemendag Ingin Eksportir Beralih ke Ekspor Bernilai Tambah

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 07 Aug 2018 15:08 WIB
ekspor
Kemendag Ingin Eksportir Beralih ke Ekspor Bernilai Tambah
Kelapa Sawit. MI/GINO F HADI.

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta kepada para eksportir untuk beralih dari ekspor barang mentah menjadi barang bernilai tambah. Saat ini Kemendag menilai ekspor dari Indonesia masih didominasi oleh ekspor produk hasil sumber daya alam (SDA).

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, masalah ketergantungan ekspor SDA ini sudah bertahan sejak lama. Tak hanya itu, jika pemerintah hanya mengandalkan ekspor berbasis produk alam maka perekonomian indonesia akan sangat bergantung pada kenaikan harga komoditas global.

"Ekspor bahan baku ini, membuat perbaikan neraca dagang Indonesia hanya bisa bergantung pada naiknya harga komoditas, bukan nilai tambah yang bisa dihasilkan," kata dia dalam Gathering Eksportir Indonesia di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Selasa, 7 Agustus 2018.

Untuk itu, Oke berharap surplus neraca perdagangan tidak hanya dirasakan Indonesia ketika harga komoditas naik saja. Apalagi sejak Januari sampai dengan Juni 2018, neraca perdagangan Indonesia masih defisit sebesar USD1,02 miliar.

"Jadi produk manufaktur, harus segera kita dorong. Kita mau dorong juga industri orientasi ekspor dan geser produk primer ke produk yang lebih bernilai tambah tinggi. Jadi jangan bahan baku primer terus yang diekspor," jelas dia.

Dirinya menambahkan, permintaan ekspor dunia didominasi oleh produk manufaktur. Bahkan permintaan produk primer yang mengandalkan bahan baku mentah hanya 19 persen dibandingkan dengan permintaan produk manufaktur yang mencapai 80 persen.

"Artinya kalau masih didominasi produk primer baru manfaatkan yang 19 persen. Kenapa belum kita manfaatin, itu lah yang perlu kita diskusikan, kenapa ekspor produk primer mulu, kenapa nggak manufaktur, padahal permintaannya tinggi sekali," pungkasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA