BRI Dongkrak Perekonomian Desa di Halmahera Barat via BRIsat

   •    Kamis, 10 May 2018 18:01 WIB
bri
BRI Dongkrak Perekonomian Desa di Halmahera Barat via BRIsat
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Mohammad Ayudha)

Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI kembali memperluas penetrasi inklusi dan literasi keuangan ke pelosok negeri dengan memanfaatkan inovasi teknologi. Kali ini, BRI mendorong perekonomian desa di Halmahera Barat dengan menghubungkan tiga BUMDes Binaan BRI yang juga merupakan Agen BRILink dengan jaringan komunikasi BRISat.

Ketiga BUMDes tersebut berada di Desa Golago Kusuma, Desa Sidodadi dan Desa Pasalulu yang termasuk wilayah blankspot di Halmahera Barat. Secara simbolis, seremoni kegiatan tersebut diselenggarakan di sela-sela puncak acara Festival Teluk Jailolo (FTJ), di Pelabuhan Jailolo.

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto menyatakan ini merupakan upaya BRI untuk memperluas penetrasi layanan keuangan di seluruh pelosok negeri. Dengan adanya jaringan komunikasi yang didukung oleh BRIsat, BRI tentu berharap mampu semakin meningkatkan geliat perekonomian desa di Halmahera Barat.

"Tentunya karena masyarakat semakin mudah untuk melakukan transaksi perbankan," ujar Bambang, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 10 Mei 2018.

Dalam kesempatan yang sama, BRI juga memberikan bantuan sarana prasarana kepada dua BUMDes di Halmahera Barat yang dtetapkan sebagai BUMDes Percontohan BRI. Kedua BUMDes tersebut adalah BUMDes Sri Rejeki di Desa Golago Kusuma yang bergerak di unit usaha pertanian.

Selain itu, BUMDes Tarakan di Desa Bobanehena yang bekerja sama dengan Pokdarwis setempat mengelola wisata tanjung Rappa Pelangi. BRI telah mulai melakukan pendampingan kepada BUMDes di Indonesia bersama dengan pihak Kementerian Desa PDTT di akhir 2016. Hingga kini, BRI telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 14.000 BUMDes di seluruh Indonesia.

Keberadaan Agen BRILink di BUMDes yang didukung jaringan BRISat ini disambut antusiasme oleh masyarakat sekitar karena telah berhasil mendekatkan akses keuangan di desanya. Kini warga desa tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk pergi menabung, melakukan transfer uang, atau menyetor cicilan pinjaman.

Tribaroto menambahkan dengan adanya dukungan BRI kepada BUMDes melalui pemasangan jaringan komunikasi Satelit BRISat dan melalui program BUMDes Percontohan diharapkan dapat lebih memotivasi BUMDes untuk maju mengembangkan potensi ekonomi desanya. Selain itu, lebih mendekatkan akses warga desa kepada layanan keuangan perbankan di desanya.

"BRI terus berkomitmen untuk memberikan dukungan pengembangan ekonomi desa salah satunya melalui BUMDes," pungkasnya.

 


(ABD)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA