Bulog Tinjau Pasar Cipinang Pastikan Stok Beras Aman

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 08 Sep 2018 10:49 WIB
berasstok berasbulog
Bulog Tinjau Pasar Cipinang Pastikan Stok Beras Aman
Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh (kiri) bersama Direktur PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi (kanan) (Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Perum Bulog memastikan stok beras tetap tersedia yang salah satu caranya adalah dengan meninjau pasokan yang ada di Pasar Beras Induk Cipinang (PIBC), Jakarta Timur. Hasilnya Bulog mendapati stok beras nasional sampai dengan akhir tahun tetap aman.

"Kita lihat stok di sentra produksi itu masih aman," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh, usai meninjau Pasar Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu, 8 September 2018.

Di seluruh gudang PIBC, stok beras mencapai 45 ribu ton dengan setiap harinya akan ada tambahan pasokan hingga 3 ribu ton dari daerah. Tri menyebut melalui tambahan tersebut maka stok beras nasional sangat mencukupi.

"Kami sudah pantau seminggu yang lalu dan kita juga tinjau di lapangan ternyata betul pasokan itu 3 ribu per hari di sentra produksi. Kalau 3 ribu per hari itu berarti masih kondisi normal," jelas dia.

Menurut dia PIBC memegang 20 persen dari total stok beras nasional sehingga Bulog tidak perlu menggelontorkan cadangan berasnya. Namun sebagai bentuk antisipasi, Bulog juga tetap akan menyediakan stok di toko Bulog.

Direktur PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi juga memastikan stok beras untuk DKI Jakarta aman. Saat ini pihaknya memiliki stok mencapai 10 ribu ton ditambah dengan stok dari para pedagang di Pasar Cipinang.

"Kita pastikan data ini berdasarkan kondisi di lapangan dan ini penting. Jadi kalau kita lihat di sini masuknya yang paling banyak Jawa barat sepanjang pantura, Cirebon, dan Karawang mendominasi hampir 50 persen," pungkasnya.

 


(ABD)