Indonesia Siap Optimalkan Pasar Bebas ASEAN-Hong Kong

Fauzi Jamal    •    Senin, 11 Sep 2017 17:29 WIB
perdagangan bebas
Indonesia Siap Optimalkan Pasar Bebas ASEAN-Hong Kong
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan). MTVN/Fauzi.

Metrotvnews.com, Pasay City: Indonesia mendukung kesepakatan perdagangan bebas dan investasi antara ASEAN dengan Hong Kong yang berhasil dicapai dalam pertemuan Para Menteri ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) dengan Menteri Perdagangan Hong Kong Edward Yau Tang-wah di Pasai City, Filipina. Indonesia yakin free trade ASEAN-Hong Kong dapat meningkatkan ekspor dan neraca perdagangan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, bagi Indonesia, pasar bebas ASEAN-Hong Kong akan membawa manfaat besar karena Hong Kong dapat menjadi perantara (hub) produk-produk Indonesia untuk masuk ke wilayah daratan Tiongkok. 

"Indonesia dan ASEAN juga menyadari bahwa perdagangan bebas dengan Hong Kong akan menguntungkan kedua belah pihak," kata dia, Senin 11 September 2017.

Kesepakatan perdagangan bebas ASEAN-Hong Kong, lanjut dia, dijadwalkan ditandatangani pada Konferensi Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN pada November mendatang di Filipina. 

Adapun realisasi pasar bebas ASEAN-Hong Kong ditargetkan mulai tahun 2018 setelah proses ratifikasi undang-undang di masing-masing anggota ASEAN dan Hong Kong. 

Perundingan pasar bebas ASEAN-Hong Kong sudah berlangsung sejak Juli 2014 atau empat tahun setelah ASEAN dan Tiongkok menyepakati perdagangan bebas dan investasi pada 2010. 

Nilai perdagangan barang dan jasa antara ASEAN dan Hong Kong terus mengalami peningkatan. Di 2016, total perdagangan barang mencapai USD106,8 miliar sedangkan total perdagangan jasa sebesar USD15,5 miliar pada 2015. 

Selain itu, ASEAN menempati peringkat ke-5 dalam tujuan investasi langsung Hong Kong di 2015 dengan nilai USD27,9 miliar. 

Kesepakatan pasar bebas ASEAN-Hong Kong kian menambah jumlah negara yang menjalin perdagangan bebas. Sebelumnya, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan Selandia Baru sudah meneken perjanjian pasar bebas dengan ASEAN.



(SAW)