BPJS Ketenagakerjaan Imbau Perusahaan Bayar Upah Sesuai UMP

   •    Kamis, 22 Jun 2017 17:41 WIB
bpjs ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan Imbau Perusahaan Bayar Upah Sesuai UMP
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Manado: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengimbau kepada perusahaan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk memberikan upah para pekerjanya sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP).

"Kami harap perusahaan di Sulut memberikan upah sesuai UMP karena BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan sesuai dengan pembayaran UMP," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut Asri Basri di Manado, seperti dikutip dari Antara, Kamis 22 Juni 2017.

Dia mengatakan diperkirakan masih 38 persen perusahaan di Sulut yang belum membayar karyawan sesuai UMP. Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, katanya, harus dengan upah sesuai UMP atau UMK.

Untuk pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dilakukan setiap bulan berjalan dan wajib melaporkan data upah dan mutasi tenaga kerja ke BPJS Ketenagakerjaan, dengan demikian data yang ada menjadi akurat.

Dia menjelaskan denda akan diberikan kepada perusahaan yang tak melakukan pembayaran iuran, yaitu dua persen per bulan, atau dikali bulan tunggakan bilamana pembayaran iuran dilakukan di atas tanggal 15 bulan berikutnya.

Berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasal 1 ayat 10, upah adalah hak pekerja yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pemberi kerja.

"Imbalan pemberi kerja kepada pekerja yang ditetapkan dan dibayar menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja dan keluarganya atas suatu pekerjaan atau jasa yang telah atau akan dilakukan," ungkapnya.

Dengan demikian, upah yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan adalah upah sebenarnya yang diterima oleh tenaga kerja atau minimal upah sesuai dengan UMP yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 46 Tahun 2016 tentang Upah Minimum Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2017 bahwa besarnya Upah Minimum Tahun 2017 di Provinsi Sulawesi Utara Rp2.598.000 setiap bulan yang berlaku efektif 1 Januari 2017.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 356a Tahun 2016 tentang Upah Minimum Kota Manado Tahun 2017 bahwa Upah Minimum Kota Manado Tahun 2017 sebesar Rp2.650.000 setiap bulan yang berlaku efektif 1 Januari 2017.


(AHL)