Ombudsman Bakal Panggil Menteri BUMN

Husen Miftahudin    •    Rabu, 24 May 2017 04:15 WIB
tebu
Ombudsman Bakal Panggil Menteri BUMN
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ombudsman RI bakal memanggil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terkait konflik penjualan gula di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI. Pasalnya, kelompok petani tebu di wilayah PTPN XI merasa dirugikan karena tidak bisa menjual gula secara mandiri.

Senior Asisten Ombudsman, Yustus Maturbongs, mengungkapkan, pemanggilan Rini untuk perbaikan tata kelola penjualan gula yang bisa mengakomodasi kepentingan petani tebu. Dalam hal ini, kepentingan petani secara individu yang tidak diakomodasi oleh organisasi.

"Sehingga kepentingan Ombudsman nanti akan mereview lagi setiap regulasi yang selama ini kurang mengedepankan kepentingan petani. Misalnya kontrak-kontrak itu apakah perlu untuk direvisi atau diperbarui atau pun ada regulasi yang bisa mengakomodir semua," ujar Yustus kepada Metrotvnews.com di Kantor Ombudsman RI, Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 23 Mei 2017.

Menurut dia, selama ini Ombudsman melihat setiap pabrik gula (PG) dan PTPN berjalan sendiri-sendiri. Apalagi beberapa PG dengan daerah operasinya memiliki regulasi tersendiri.

Ombudsman melihat ada kelompok petani yang merasa dirugikan oleh penyelenggara negara, yaitu PTPN XI. Maka itu, pemanggilan Rini bersifat untuk memperbaiki regulasi secara nasional dengan mengakomodasi kepentingan semua pihak.

"Entah itu kebijakan menteri atau Peraturan Presiden (Perpres) atau Peraturan Pemerintah (PP) yang mampu mengakomodir semua," tuturnya.

Baca: Ke Ombudsman, Ini yang Diadukan Petani Tebu Probolinggo

Selain memanggil Rini, Ombudsman juga akan memanggil petinggi PTPN XI. PG merupakan organisasi yang ada di bawah naungan PTPN XI.

Sebelumnya, Perwakilan Kelompok Petani Tebu Probolinggo, Faisol Muslich, menjelaskan, aduan tersebut berawal dari campur tangan terhadap pelelangan gula. Tidak hanya itu, pelelangan gula juga hanya melibatkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI).

Faisol menuturkan, penjualan dan pelelangan gula secara mandiri oleh petani agar lebih transparan. Pembeli lokal pun bisa membeli gula petani, karena dijual dalam jumlah kecil. Sehingga, harga jual gula ke konsumen akhir bisa terjangkau.

Faisol berharap aduannya ke Ombudsman bisa menindaklanjuti tindakan PTPN XI yang tak berkompeten.




(AZF)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA